Istana Bantah Kabar Reshuffle

Minggu, 17 Juli 2011 – 16:26 WIB

JAKARTA - Kinerja kementerian pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tengah mendapat sorotanMeski menampik kabar adanya perombakan kabinet (reshuffle), namun pemantauan terhadap kerja para pembantu presiden itu terus dilakukan.

"Itu kan tools-nya ada di UKP4 (Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan)

BACA JUGA: Kota Bima Digoncang Isu Bom Lagi

Mereka yang melaksanakan dan laporan ke presiden," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha
Selain rencana yang sudah ditetapkan, ada juga arahan dan instruksi presiden yang diberikan kepada para menteri.

"Dalam kurun waktu berjalan tentu ada instruksi, arahan presiden

BACA JUGA: 2012, Empat Kali Cuti Bersama

Itu juga dilihat
Semua tercatat nanti dilihat implementasinya," kata Julian

BACA JUGA: Densus Selidiki Koneksi Pesantren Bima dengan JAT

Dia membantah jika ada reshuffle terhadap menteri-menteri yang kinerjanya dinilai kurang"Justru (kabar reshuffle) itu yang baru kami dengar," elaknya.

Sebelumnya, Ketua UKP4 Kuntoro Mangkusubroto mengatakan, penilaian kinerja kabinet didasarkan pada 356 rencana aksi yang sudah ditetapkan untuk dipantau sejak Januari 2011Setiap tiga bulan sekali dilakukan pemantauan melalui laporan dari kementerian dan lembaga"Laporan dari kementerian lembaga ini sudah masukJadi sekarang ini sedang dievaluasi mid-term review 2011," katanya.

Sementara pernyataan presiden yang menyebut kurang dari 50 persen instruksinya dijalankan para menterinya, menurut Kuntoro, hal itu berkaitan dengan arahan presidenSejak Januari hingga Juni, ada 77 instruksi dan arahan yang diberikan presidenNah yang dipantau UKP4 berdasarkan laporan tertulis memang tidak mencapai 50 persen.

"Sebetulnya lebih banyak lagi tapi karena tidak ada laporan tertulis yang diberikan kepada presiden atau kepala UKP4 maka ini tidak dicatat dan yang dicatat kurang dari 50 persen," katanya.

Dalam catatan Sekretariat Kabinet, jumlah arahan presiden sejak Januari hingga Juni 2011 mencapai 761Antara lain 561 arahan spesifik kepada salah satu menteri, 144 arahan kepada beberapa menteri, dan 56 arahan kepada seluruh menteri.

Menurut Seskab Dipo Alam, berdasarkan laporan yang sudah masuk, prosentase yang sudah ditindaklanjuti mencapai 70 persen"Bahkan masih ada yang dalam proses," katanya(fal)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tidak Kendur, Walau Diisukan Akan Direshuffle


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler