Istana Pilih Tunggu Kompolnas Usulkan Calon Kapolri Baru

Selasa, 03 Februari 2015 – 07:41 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo hingga saat ini belum memutuskan tentang tindak lanjut terhadap Komjen Budi Gunawan yang telah mendapat persetujuan DPR RI untuk diangkat sebagai Kapolri. Hingga kini belum ada kejelasan, apakah presiden akan melantik Budi Gunawan yang berstatus tersangka korupsi sebagai Kapolri, atau mencari figur lain untuk dicalonkan sebagai orang nomor 1 di kepolisian.

Menurut Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, jika memang ada pergantian calon Kapolri maka presiden tetap menunggu usulan nama dari Kompolnas. "Kalau itu harus dilakukan, maka presiden menunggu ‎usulan namanya dari Kompolnas sesuai dengan ketentuan yang ada di kepolisian," ujar Andi di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin malam, (2/2).

BACA JUGA: Si Ngeri-ngeri Sedap Ditahan, Rumah Mewahnya Sepi Banget

Andi mengaku belum  dapat memastikan apakah nama-nama yang akan dipilih sebagai calon Kapolri berasal dari jenderal polisi berbintang dua (irjen) atau tetap bintang tiga (komjen). Menurutnya, hal itu menjadi kewenangan Kompolnas.

Selain itu, kata Andi, belum ada pembicaraan mengenai nama baru calon Kapolri karena presiden masih mengamati proses gugatan praperadilan Budi Gunawan terhadap KPK. Karenanya, belum ada keputusan pasti terkait itu.

BACA JUGA: Istana Tak Tahu Puan Masih Rangkap Jabatan di PDIP

"Kalau memang keputusannya sudah bisa diambil oleh presiden, mungkin saja tanpa menunggu praperadilan presiden sudah bisa mengambil keputusan," tandas Andi.(flo/jpnn)

BACA JUGA: Lebih Memuaskan SBY Dibanding Jokowi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Targetkan Biaya Haji Turun, Uber Mafia Haji


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler