Jaga Otak Tetap Awet Muda dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Senin, 18 Maret 2024 – 02:01 WIB
Sayur Bayam. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - OTAK merupakan salah satu organ penting tubuh kita. Namun seiring bertambahnya usia, otak kita juga akan menua.

Nah, makanan yang kita konsumsi berdampak besar pada kesehatan otak.

BACA JUGA: 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Otak yang Bikin Kaget

Otak kita adalah organ yang boros energi, yang menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh.

Oleh karena itu, dibutuhkan banyak bahan bakar yang tepat untuk beroperasi dan mengirimkan sinyal yang diperlukan ke seluruh tubuh.

BACA JUGA: 6 Makanan Super untuk Ibu Hamil

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang meningkatkan fungsi otak sangat penting untuk menjaga fungsi otak dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Jika Anda mengonsumsi makanan sehat untuk otak, maka makanan tersebut tidak hanya akan membangun dan memperbaiki sel-sel otak, tetapi juga mengurangi stres dan peradangan sel.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Otak dengan Rutin Mengonsumsi 3 Vitamin Ini

Dengan demikian, mengurangi risiko penuaan otak dan gangguan neurodegeneratif.

Menurut Dr Uma Naidoo, psikiater nutrisi Harvard dan penulis buku terlaris, jika Anda mencari sesuatu agar otak selalu awet muda, menambahkan makanan tertentu ke dalam diet kamu akan membantu.

Hal ini bisa membantu mengembangkan otak yang lebih sehat dan melawan berbagai kerusakan otak seiring waktu, termasuk radikal bebas, penurunan aliran darah, dan banyak lagi.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Minyak zaitun extra virgin

Penggunaan minyak zaitun extra virgin secara langsung dikaitkan dengan penurunan kejadian Alzheimer karena meningkatkan autophagy sel-sel otak.

Ini juga melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan karena adanya vitamin E dan vitamin C, yang membantu menjaga daya ingat yang baik.

2. Rempah-rempah

Kunyit dengan sedikit lada hitam, kayu manis, kunyit, rosemary, dan jahe bisa membantu meningkatkan penuaan otak dan daya ingat yang sehat.

Rempah-rempah rupanya berpengaruh pada kognisi secara keseluruhan, seperti proses berpikir, memahami, belajar, dan mengingat.

3.Omega-3

EPA dan DHA adalah asam lemak Omega-3, yang ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon hasil tangkapan liar, dan membantu melindungi otak dari penuaan.

ALA, Omega-3 yang ditemukan pada sumber nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa diubah menjadi EPA dan DHA dalam jumlah kecil.

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk fungsi otak normal dan perkembangan otak melalui semua tahap kehidupan.

Faktanya, EPA dan DHA juga berperan dalam perkembangan otak bayi.

Pada orang lanjut usia, konsumsi omega-3 yang lebih rendah sering kali dikaitkan dengan ukuran otak yang lebih kecil, yang merupakan tanda jelas penuaan otak.

4. Sayuran berdaun hijau

Kaya akan folat, salah satu vitamin terpenting untuk menjaga kesehatan otak, sayuran berdaun hijau seperti bayam, lobak Swiss, arigula, dan sayuran dandelion membantu menjaga integritas kognitif seiring bertambahnya usia.

5. Sayuran pelangi

Sangat penting untuk memasukkan makanan nabati dengan warna berbeda karena mengandung nutrisi dan serat yang menyehatkan otak berbeda.

Dalam jangka panjang, pola makan nabati secara konsisten dikaitkan dengan umur panjang kognitif.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Konsumsi 5 Makanan Ini Setiap Malam, Berat Badan Anda Bakalan Naik dengan Mudah


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler