Jalur Mudik Banten Dihadang 14 Pasar Tumpah

Sabtu, 27 Juli 2013 – 15:05 WIB

jpnn.com - SERANG - Akses jalur mudik Jakarta-Merak dihadang puluhan pasar tumpah (pedagang di pinggir jalan) dan pasar musiman (pasar yang muncul saat bulan puasa). Keberadaan pasar itu akan menghambat perjalanan pemudik yang menggunakan sepeda motor dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.     

Dari data yang dihimpun INDOPOS, beberapa pasar tumpah ada di jalur ini mulai di Cikupa, Gembong, Jayanti (Kabupaten Tangerang). Untuk wilayah Kabupaten Serang pasar tumpah ada di wilayah Tambak, Kragilan, Ciruas, Kalodran. Lalu juga pabrik yang kerap mengalami kemacetan seperti Phong Won, Nikomas, Indah Kiat dan lainnya.

BACA JUGA: Kapolda Kalteng Bikin Tokoh Adat Tersinggung

Di Kabupaten Serang juga terdapat beberapa jalur persimpangan yang dapat mengakibatkan titik kemacetan lalu lintas. "Untuk mengantisipasi titik kemacetan, kami telah membentuk posko-posko angkutan Lebaran 2013 yang nantinya ditempatkan di daerah rawan macet," terang Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provonsi Banten, Opar Sochari, Jumat (26/7).
     
Sementara itu, Kapolres Cilegon AKBP Defrian Donimando menyebutkan, titik pasar tumpah di Kota Cilegon yaitu di depan Ramayana Cilegon, Eks Gedung Matahari, depan Masjid Agung Cilegon, depan Mall Mayofile dan Simpang Tiga Kota Cilegon.

"Di titik itu badan jalan terpakai untuk para pedagang kaki lima sehingga terjadi penyempitan jalan yang menimbulkan kemacetan. Karena itu para pemudik yang melintas di jalur ini diharapkan berhati-hati," terangnya. Dia juga menyebutkan, titik rawan kemacetan lainnya adalah Simpang ADB dan Simpang Damkar.

BACA JUGA: Nunukan akan Terima 142 CPNS, Peluang Lulusan SMA Tertutup

"Untuk antisipasi kemacetan dan kecelakaan kita akan tempatkan personel yang lebih banyak di jalur-jalur rawan kemacetan," ungkap perwira menengah Polri tersebut.
Di tempat terpisah, Kasi Trantib Satpol PP Kota Cilegon Endang Sudrajat mengatakan dalam waktu dekat ini akan menertibkan pedagang kaki lima yang menjadi penyebab kemacetan lalu lintas selama arus mudik. "Kita rapikan pedagang kaki lima yang memakai bahu jalan,"  ujarnya. (bud)

BACA JUGA: Puluhan Keracunan Jamur, Tiga Tewas

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jatah BLSM Sisa 1.943 RTS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler