Januari 2010, Soal UN Rampung

Selasa, 22 Desember 2009 – 14:29 WIB
JAKARTA- Badan Standar Pendidikan Nasional (BSNP) menargetkan penyusunan soal-soal ujian nasional (UN) harus rampung pada akhir Januari 2010 mendatang.

"Penyusunan soal-soal ujian ini membutuhkan waktu sekitar satu bulanSehingga kami pastikan pada akhir bulan Januari 2010 soal UN dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) sudah selesai dan siap untuk digandakan," terang Anggota BSNP, Mungin Eddy Wibowo ketika dihubungi JPNN, Selasa (22/12).

Dalam proses penyusunan soal UN dan UASBN, lanjut Mungin, BSNP akan melibatkan berbagai kalangan

BACA JUGA: Komnas HAM Minta Stop Unas

Di antaranya, dosen ahli, guru ahli, dan peneliti pendidikan
"Tentu disesuaikan dengan bidang mata pelajaran UN yang mereka kuasai," jelasnya.

Dikatakan, jika proses penyusunan soal UN telah selesai dilakukan oleh para tim penyusun tersebut, maka  hasilnya akan divalidasi oleh BSNP dan  para pakar sebelum dilakukan langkah uji coba dan finalisasi soal ujian.

"Uji coba tersebut dilakukan bertujuan untuk menilai apakah soal-soal ujian tesebut bermutu dan berkualitas sebagai soal ujian nasional," jelasnya.

Selanjutnya, jika soal ujian sudah melewati tahap finalisasi, maka segera dibuat master soal yang siap untuk didistribusikan ke Dinas Pendidikan di seluruh tingkat provinsi untuk segera dilakukan proses pencetakan.

"Proses pencetakan soal-soal ujian di masing-masing provinsi harus selesai dalam waktu satu bulan sebelum pelaksanaan UN," paparnya yang menambahkan

BACA JUGA: Hasil Unas Tak Bisa untuk Masuk PTN

BACA JUGA: Banyak Peluang Mark Up Penggunaan DAU Pendidikan



Ditambahkan, meskipun ada putusan Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan pemerintah terkait pelaksanaan UN, BSNP tidak menemui kendala dalam penyusunan soal UN. 

"Bagaimanapun saat ini Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) akan tetap menyelenggarakan  UN," imbuhnya.(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Depdiknas Kucurkan Rp250 M ke Peneliti


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler