Jelang HGN 2022, Kemendikbudristek Siapkan Apresiasi untuk Guru dan Tendik 

Kamis, 29 September 2022 – 22:16 WIB
Jelang HGN 2022, Kemendikbudristek akan memberikan apresiasi kepada para guru dan tendik. Namun ada persyaratannya. Ilustrasi. Foto: dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jelang peringatan Hari Guru Nasiona (HGN) tahun 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan memberikan anugerah kepada para pendidik serta tenaga kependidikan (tendik).

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Plt. Dirjen GTK), Nunuk Suryani mengungkapkan apresiasi bagi guru dan tendik ini merupakan implementasi kebijakan Merdeka Belajar. 

BACA JUGA: Kemendikbudristek Sebut Ada Ketimpangan Formasi PPPK 2022, Kasihan Guru Lulus PG

"Guru inspiratif yang terpilih akan diundang dalam acara perayaan puncak HGN 2022," kata Nunuk, Kamis (29/9).

Dia menjelaskan, guru sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan generasi masa depan bangsa, sekaligus menjadi agen perubahan.

BACA JUGA: HGN 2021 Banjir Selebritas, Ketum Guru Honorer: Enggak Penting Amat

Peran guru dalam segala lini sangat penting karena berkaitan dengan proses penguatan SDM. 

Sementara itu, Pelaksana tugas Direktur Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Plt. Dir. Dikmen Diksus), Yaswardi menjelaskan apresiasi GTK ini dilaksanakan untuk mengapresiasi para guru dan tendik dalam menerapkan Merdeka Belajar pada konteks pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat kepada peserta didik.

BACA JUGA: HGN 2020, Bamsoet: Perhatikan Nasib Honorer yang Belum Diangkat jadi PPPK

Untuk mendaftar dalam apresiasi GTK itu peserta diwajibkan memiliki akun belajar.id dan mengunggah karyanya dalam platform Merdeka Mengajar.

 “Peserta yang bisa mengikuti apresiasi GTK ini adalah semua guru dan tendik di bawah binaan Kemendikbudristek yang memiliki akun belajar.id," jelas Renny Yunus selaku kapokja Regulasi, Transformasi Tata Kelola dan Asesmen SDM Guru Dikmen Diksus. 

Adapun persyaratan karya inovatif yang dibuat harus berupa video berdurasi 5-10 menit tanpa musik latar.

Kemudian, berisi praktik baik yang dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan/atau tindak lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi oleh guru dan pamong belajar. 

Selain itu, karya inovatif yang perlu diunggah berupa naskah yang relevan terkait video inspiratif, dengan minimal 1.500 kata dan maksimal 2.000 kata.

Adapun periode pendaftaran apresiasi dibuka pada 19 September—22 Oktober 2022 melalui laman gtk.kemdikbud.

"Guru inspiratif yang terpilih akan diundang pada puncak peringatan HGN 2022 pada 26 November," pungkas Nunuk Suryani. (esy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wamenag: HGN Ingatkan pada Keteladanan Para Pendiri Bangsa


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler