Jelang Lebaran, Polresta Depok Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Selasa, 15 Juli 2014 – 03:49 WIB

jpnn.com - DEPOK – Guna mengantisipasi kemacetan pada musim mudik Lebaran, Polresta Depok berencana merekayasa arus lalu lintas khususnya jalan protokol. Rencananya, Polresta Depok akan menutup U-turn atau lokasi putar balik kendaraan dan mengubah jalur bus ke Jalan Raya Bogor.

Kapolresta Depok, Kombes Pol Ahmad Subarkah menyatakan, kegiatan itu akan dilaksanakan pada H-7. Mereka akan menjaga empat titik jalan yang selalu dilintasi kendaraan seperti Jalan Raya Margonda, Jalan Raya Bogor, Bojongsari dan Jalan Raya Citayam. Pemilihan jalan itu karena jalur lalu lintas itu banyak digunakan warga untuk mudik ke Puncak, Bogor dan Tanggerang. Apalagi jalur tersebut merupakan jalan yang rawan macet.

BACA JUGA: Dua Guru JIS Akhirnya Ditahan

"Kami juga siapkan rekayasa lalu lintas yang sifatnya kondisional. Yakni penutupan sejumlah u-turn atau putaran balik di Jalan Margonda," kata kepada INDOPOS saat di Mapolresta Depok, Senin (14/7).

Menurutnya, selain karena arus mudik, ruas Jalan Margonda jelang hari raya Idul Fitri akan ramai karena banyaknya masyarakat yang berbelanja di sejumlah mal dan pertokoan yang ada di sepanjang jalan protokol itu. Karenanya, sejak H-7 akan dilakukan penutupan sejumlah U-turn di Jalan Margonda secara situasional atau buka tutup.

BACA JUGA: Penahanan Guru JIS Menunggu Hasil Gelar Perkara

"Penutupan u-turn sifatnya kondisional dan situasional. Jika arus kendaraan dari salah satu arah mulai padat, maka penutupan dilakukan. Di antaranya u-turn di depan pusat perbelanjaan Margo City, atau di depan Apartemen Margonda Residence," ujarnya.

Subarkah menjelaskan, untuk mengantisipasi kemacetan akibat bus arus mudik yang melintas serta beberapa titik yang biasanya digunakan untuk terminal bayangan, Polresta Depok akan bekerjasama dan berkoordinasi dengan Dishub Kota Depok. Di sana katanya diperkirakan akan ramai dan bisa menimbulkan kemacetan parah jika tidak diantisipasi.

BACA JUGA: Hari Pertama Sekolah, Macet di Mana-mana

"Di sana, anggota kami akan dipertebal atau diperbanyak," imbuhnya. Rencananya, Polresta Depok akan menerjunkan 800 personelnya untuk mengawasi rekayasa lalu lintas. (jpnn) 

BACA ARTIKEL LAINNYA... PNS dan TKK Pemkot Bekasi Terima THR


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler