Jemaah Haji Meninggal 246 Orang

Jumat, 26 November 2010 – 07:44 WIB

ARAB SAUDI - Jumlah jamaah haji Indonesia yang meninggal di tanah suci hingga kini tercatat telah mencapai 246 orangTim kesehatan diinstruksikan agar lebih intensif melakukan kunjungan (visitasi) terhadap jamaah.

"Berdasarkan data Sistem Komunikasi Haji Terpadu, jumlah jamaah yang meninggal hinggga Rabu (24/11/2010) malam, sebanyak 18 orang

BACA JUGA: Produk Halal Naik Dua Kali Lipat

Dengan demikian total jamaah yang wafat 246 orang
Jumlah ini meningkat cukup banyak sejak berakhirnya ritual ibadah haji minggu lalu

BACA JUGA: PJTKI Lalai Harus Disanksi Tegas

Jamaah haji dipulangkan secara bertahap mulai Sabtu lalu.

Wakil Kepala Daerah Kerja Bidang Kesehatan, Mawari Edy telah menginstruksikan petugas kesehatan agar memperhatikan kewaspadaan faktor risiko kesehatan
"Petugas diinstruksikan melakukan identifikasi faktor risiko kesehatan jamaah haji secara cermat dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap jamaah dengan penyakit bawaan khususnya Diabetes Militus dan Hipertensi," ujarnya.

Petugas juga diminta melakukan pengawasan kepatuhan minum obat, pengendalian aktivitas harian, dan pola konsumsi

BACA JUGA: Adnan Buyung Anggap Ical Berlebihan

Selain itu, petugas kesehatan juga harus meng-intensifkan kunjungan (visitasi) terhadap seluruh jamaah haji dalam lingkup kloternya"Hal ini untuk meningkatkan deteksi risiko kegawatan medik," lanjutnya.

Visitasi juga diperlukan untuk pengawasan distribusi makanan katering jamaah haji serta penyuluhan untuk mencegah konsumsi makanan kadaluwarsaMawari juga meminta petugas melakukan antisipasi terhadap kondisi suhu dan kelembaban yang cenderung turun sehingga dapat mencapai angka ekstrem yang dapat mengganggu kesehatan."Harap dilakukan penyuluhan kepada jamaah," tuturnya.

Petugas diminta memberikan contoh perilaku sehat di luar gedungPasalnya cuaca di Arab Saudi yang berbeda dengan di Indonesia menyebabkan perubahan-perubahaan respon tubuhApalagi jutaan orang dari berbagai negara berkumpul menjadi satu dengan kemungkinan membawa berbagai virus"Disarankan menggunakan masker basah, penggunaan surban untuk menutup telinga, pakai kaos kaki, dan konsumsi air yang cukup," tukasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Garuda Indonesia Jeddah, Hotma P Siregar mengatakan, hingga hari ke lima pemulangan jemaah haji, maskapainya sudah memulangkan sebanyak 44 kelompok terbang (kloter)"Dari awal pemulangan lima hari lalu, sampai kemarin pagi jumlah jemaah haji yang sudah kita angkut pulang mencapai 17.046 orang," ungkapnya.

Menurut Hotma hari ini (kemarin) trafic bandara King Abdul Aziz masih sangat padatOleh karena itu, Garuda terus akan berkoordinasi dengan Dakker dalam upaya memastikan jadwal penerbangan"Kita akan terus beri informasi kepada Dakker kapan pastinyaKalau belum pasti kita minta jemaah di hold di hotel saja daripada menumpuk di bandara," jelasnya(wir)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Uang Pungutan Berdasar Perda Bermasalah Harus Dikembalikan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler