Jhonny Allen Makin Tersudut

Dianggap Beri Kesaksian Palsu di Sidang

Minggu, 23 Mei 2010 – 02:33 WIB

JAKARTA -- Posisi Jhonny Allen makin tersudut dengan munculnya saksi kunci kasus korupsi dana stimulus fiskal Risco PesiwarissaMantan ajudan Jhonny itu membeberkan sejumlah bukti terkait pemberian dana Rp 1 miliar kepada Jhonny.

Selain Risco, tiga terpidana Hontjo Kurniawan, Abdul Hadi Jamal, dan Darmawati Dareho mengancam akan melaporkan Jhonny atas tuduhan kesaksian palsu.

Kuasa hukum tiga terpidana, Andar Situmorang, menyatakan bahwa kesaksian mantan atasan kliennya itu nyata-nyata palsu.

Dalam sidang tiga terpidana tersebut, Jhonny menyangkal dirinya terlibat dalam kasus korupsi dana stimulus fiskal terkait proyek pembangunan bandara dan dermaga di kawasan Indonesia Timur

BACA JUGA: Marzuki Menguat, Marzuki Dihadang

Dia bahkan mengaku tidak mengenal Risco.

"Saat terpidana masih menjadi terdakwa, tiga kali dia (Jhonny) menjadi saksi di bawah sumpah
Dia bisa terkena pidana pemberian kesaksian palsu kepada petinggi negara," ujarnya

BACA JUGA: Pencopotan Ismeth Tunggu Tanda Tangan SBY



Atas kesaksian tersebut, kata Andar, Jhonny terancam mendekam di penjara maksimal tujuh tahun
Jika terbukti, dia bisa dijerat pasal 242 KUHP tentang sumpah palsu

BACA JUGA: Perusahaan Klien Gayus Mulai Diperiksa



Dia mengungkapkan, pihaknya akan melaporkan Jhonny secara terpisah"Jadi, laporannya akan saya splitMungkin minggu ini saya laporkan atas nama Pak Abdul, kemudian minggu berikutnya laporan atas nama Pak Hontjo, dan seterusnya," kata pria yang juga menjadi kuasa hukum Risco ituTujuannya, penanganan perkara bisa dipisah.

Selain kesaksian palsu, Risco berniat melaporkan Jhonny atas keterangan palsu terkait pengakuannya dalam sidang bahwa dirinya tidak mengenal Risco sebagai ajudannya"Bagaimana mungkin dia (Jhonny Allen) mengaku tidak kenal Risco" Semua orang Demokrat (Partai Demokrat) juga tahu siapa Risco," tegas Andar.

Dalam kasus keterangan palsu Jhonny itu, Risco yang didampingi Andar pada Jumat (21/5) mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)Selain menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK, Risco membeberkan bukti bahwa dirinya adalah ajudan JhonnyKepada penyidik, Risco menunjukkan beberapa fotoSalah satunya adalah foto dirinya yang sedang menggendong anak Jhonny bernama Lidya.

Risco membenarkan rekaman CCTV yang berisi gambar dirinya menerima uang dari Abdul Hanan, staf Abdul Hadi Djamal, untuk Jhonny Allen"Rekaman itu juga diakui Pak Bibit (Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto, Red)," ujar Andar.

Merespons sejumlah bukti yang diajukan Risco, KPK kembali akan menyelidiki kasus yang melibatkan Jhonny tersebutRisco akan kembali dimintai keterangan oleh KPK"Risco akan kembali kami mintai keterangan, tapi jadwalnya belum pasti," ujar Juru Bicara KPK Johan Budi S.PSelain Risco, KPK juga akan meminta keterangan Jhonny(ken/c5/ari)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MA Nilai KY tak Berkoordinasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler