Jimly : Pemilu 2004, Madura Paling Ruwet

Pilkada Ulang Keputusan yang Fair

Rabu, 03 Desember 2008 – 20:58 WIB
JAKARTA –  Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshidiqie menilai keputusan MK yang mengabulkan gugatan pasangan Khofifah Indarparawansa-Mudjiono (KaJi) terkait pelaksanaan Pilkada Jawa Timur merupakan hal yang tepat dan adilJustru Pilkada Ulang seperti diperintahkan MK itu akan mampu menghasilkan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawatimur yang legitimated.

“MK tidak memutuskan siapa yang pemenang pilgub Jatim

BACA JUGA: FKB Minta DPR Panggil Mahfud MD

Siapa yang menang atau kalah akan ditentukan dalam pilkada ulang di dua kabupaten tersebut
Itu kan cukup fair dan KPU Jawa Timur tinggal melaksanakan sebaik-baiknya,” ujar Jimly di sela-sela diskusi bertajuk “Menelaah Kembali Fungsi Lembaga-lembaga Negara” di Jakarta, Rabu (3/12).

Namun demikian Jimly membantah jika putusan itu sebagai upaya MK untuk 'mencari aman'

BACA JUGA: KPU Siap Eksekusi Putusan MK

Alasannya, keputusan MK itu justru menjadi solusi bagi Provinsi dengan jumlah pemilih terbesar itu dalam menentukan kepala daerahnya.

“Jadi siapapun yang nanti menang akan legitimated dan tidak akan dipersoalkan orang
Kedua pihak juga sudah menerima dengan baik

BACA JUGA: MK Kabulkan Gugatan Khofifah

Kasus ini bisa jadi pembelajaran agar tidak terulang lagi,” ujarnya.

Jimly menjelaskan, berdasarkan pengalamannya mengadili sengketa Pemilu 2004 lalu Madura memang merupakan daerah yang paling ruwetDalam persidangan atas kasus sengketa Pemilu 2004 yang disidangkan, MK pernah mengeluarkan putusan sela dengan memerintahkan penghitungan ulang

"Semua kotak suara dibawa dari Madura dan dihitung di Jakarta .Ternyata, separuh kotaknya kosongPadahal menurut UU, semua surat suara harus dimasukkan ke kotak setelah dihitungTapi saat itu memang kacau,” tuturnya.

Karenanya Jimly juga menyatakan, putusan MK terkait sengketa Pilkada Jatim itu akan menjadi pembelajaran bagi banyak pihak"Sekaligus peringatan agar tidak ada pihak yang berbuat curang," ulasnya.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY Masih Ungguli Capres Lain


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler