JK: Azwar Anas Teladan yang Susah Diteladani

Rabu, 03 Agustus 2011 – 11:29 WIB
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengatakan Letjen (Purn) Ir Azwar Anas Dt Rajo Sulaiman merupakan teladan tapi susah untuk diteladaniDibilang susah, kata JK karena terlalu banyak profesinya.

"Buku beliau berjudul 'Teladan Dari Ranah Minang'

BACA JUGA: TNI Tak Tambah Personil di Papua

Tapi Pak Azwar susah diteladani karena profesinya terlalu banyak dan selalu top profesinya
Sehingga menjadi tidak jelas, beliau kita kenal sebagai apa?," kata JK saat peluncuran buku biografi 80 tahun Azwar Anas, di hotel Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (2/8) malam.

Tapi terlepas dari hal tersebut, memperingati hari kelahiran sekaligus meluncurkan buku tentu sangat bermakna karena buku artinya belajar dari pengalaman

BACA JUGA: Kiemas Bela Marzuki Alie

Katanya ada dua guru, guru pertama ya guru dan guru kedua yakni pengalaman
Orang mengatakan pengalaman lebih baik dari pada guru, cuma bedanya kalau guru mengajar dulu baru menguji kalau buku menguji dulu baru mengajar

BACA JUGA: Perketat Pengangkatan Honorer Menjadi CPNS

Jadi kita belajar dari pengalaman, jelas JK.

Lebih lanjut, JK mencatat setidaknya ada sembilan top profesi Azwar Anas sementara JK hanya punya lima profesi"Bapak Azwar sembilanTapi semua profesi itu penuh dengan karirBeliau tentara dari letnan yang rendah sampai ke letnan yang tinggi Letnan Jenderal berarti delapan kali naik pangkat," kata mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

Kedua, beliau itu orang pemerintah, luar biasa dari gubernur, menteri dan menteri koordinator"Tapi di pemerintahan saya sedikit menang satu tingkat di atas Pak Azwar karena saya pernah jadi wakil presiden tapi berasal dari satu korp yaitu dari Menko Kesra," kata JK.

Selain itu, Azwar Anas politisi penasihat tinggi Golkar, sampai sekarang pun beliau kampanye bahkan sampai ikut kampanye Pilkada.

"Yang lebih penting beliau entrepreneurPindad yang susah dikasih baik, Semen Padang susah dikasih baik timbul semangat Padangnya di situBanyak orang bisa mengurus orang Padang tapi tak bisa urus tentara, bapak Azwar bisa urus dua-duanya," puji JK.

Beliau urus sepak bola, tidak banyak orang urus olahraga di sini, cuma ada tiga di sini Azwar Anas, Agum Gumelar dan juga hadir Ketua Umum PSSI yang baruKalau saya cuma Ketua PSMKalau urusan bola, saya tentu kalah dari bapak Azwar Anas," ungkap JK.

Ditambahkan JK, Azwar Anas juga sebagai pendidik, beliau Insinyur saya baca bukunya juga mengajarBeliau juga ustad, tadi ayatnya panjangBeliau juga urus sosial karena pernah jadi Ketua Umum TarbiyahDan saya pernah masuk ke pelosok-pelosok mengurus masjid dengan beliauBeliau juga seniman karena piawai memainkan biola hingga dalam acara ini Idris Sardi yang datang memainkan Biola.

"Jadi ada sembilan profesiJadi bapak teladan tapi susah diteladani," tegas JK lagi.

Terakhir JK menjelaskan Azwar Anas ini khas pemuka Minang"Saya sering ke Padang dan lihat foto-foto pejuang Minang tidak ada yang bawa pedangKalau di Sulawesi pahlawannya bawa senjataSemua pahlawan Minang orang pintar isinya, Pak Hatta, Syahrir, Yamin, Natsier dan sebagainya itu semuanya orang pintarMereka hebat bukan karena senjataBapak tentara tapi lebih terlihat sipil," puji JK lagi.

JK juga menambahkan, kalau kita ingin menghabisi orang Minang, harus dengan cara merusak pasarnya dan merobohkan pendidikannya"Maka dengan begitu habis itu orang MinangJadi beliau asli kelihatan Minangnya," tukas rang sumando Minang itu(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Disangka Membunuh Istri, AKBP Mindo Dibela Mertua


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler