Jokowi Ajari Ahok Blusukan, Pertanda Nyapres

Jumat, 28 Februari 2014 – 03:45 WIB

jpnn.com - GUBERNUR DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), kemarin (27/2) mengajak wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk melakukan blusukan ke kampung-kampung. Kegiatan yang baru kali pertama terjadi ini langsung mendapat tanggapan dari berbagai kalangan.

Pengamat pemerintahan dan politik, Sugiyanto mengatakan, kegiatan Jokowi yang mengajak Ahok blusukan bisa diartikan kalau Jokowi mengajari Ahok untuk belajar blusukan mendatangi warga DKI. Dan itu bisa dikaitkan dengan niat  Jokowi untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden.
     
"Kalau saya melihatnya ini bagian sinyalemen kalau Jokowi dipastikan mencalonkan diri jadi capres," ungkap Sugiyanto. Menurut. Sugiyanto, saat ini yang menjadi ciri khas Jokowi adalah kegiatan blusukannya. Oleh karena itu ketika dia jadi mencalonkan diri menjadi Presiden, maka Jokowi tidak mau kegiatan blusukannya sebagai Gubernur DKI Jakarta tidak ada yang meneruskan.
     
"Kalau saya melihatnya ke arah sana. Karena itu tadi, blusukan adalah ciri khas Jokowi dalam memimpin Jakarta," jelasnya. Tidak hanya itu, dengan waktu yang semangkin dekat dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), memang secepatnya Jokowi mewariskan semua kegiatan kesehariannya sebagai gubernur kepada Ahok yang sudah dipastikan menggantikan posisinya nanti.
     
Sementara itu Ahok, ketika ditanya kalau Jokowi mengajaknya blusukan sebagai latihan menjadi Gubernur DKI saat nanti dia tinggalkan karena akan maju sebagai calon presiden? Pria berkacamata itu hanya tertawa. Justru dia ingin media melihat duet blusukan yang dilakukan kemarin (27/2) sebagai kode pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Indonesia. 

BACA JUGA: Sempat Kejang, Penumpang Tewas di Metro Mini

Bukan sebagai latihan bagi dirinya untuk menjadi Gubernur DKI menggantikan Jokowi bila terpilih menjadi Presiden RI ke 7. "Kenapa sih kalian nggak lihatnya kami itu sebagai pasangan Capres dan Cawapres? Kalian lihatnya gubernur saja sih," canda pria asal Belitung Timur tersebut.
     
Sekedar diketahui, pasangan Jokowi dan Ahok baru kali pertama ini turun ke lapangan atau blusukan bersama. Lokasi pertama yang dikunjungi oleh keduanya adalah pembangunan Kampung Deret di Petogogan, Jakarta Selatan. Sebelumnya, rombongan juga sempat berkeliling ke kawasan Kali Jodo, Jakarta Barat. (pes)

BACA JUGA: Khawatir Anak-anak di Panti Samuel Disiksa Lagi

BACA JUGA: Menteri Ingatkan Jokowi tak Sembarangan Impor Bus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Keluar Bengkel, Mini Cooper Terbakar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler