Kakek yang Satu Ini Tega Banget Tipu Calon PNS

Senin, 28 November 2016 – 06:17 WIB
Kakek Sakir yang menipu calon PNS. Foto: pojokpitu/JPG

jpnn.com - SURABAYA--Satreserse Kriminal Polsek Pakal Surabaya akhirnya berhasil membongkar pelaku penipuan dengan modus mengimingi korbannya menjadi pegawai negeri sipil.

Pelaku itu adalah Muhammad Sakir Leko (54), warga asal Menganti, Gresik.

BACA JUGA: Dua Oknum Jaksa Kepergok Selingkuh di Kamar 107

Kakek dua cucu ini ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan karena menipu empat orang korbannya hingga ratusan juta rupiah.

Sakir telah melakukan penipuan dengan modus bisa memasukkan korbannya bekerja sebagai pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkot Surabaya lewat jalur belakang.

BACA JUGA: PSK Ini Dibunuh Lantaran Sering Diboking Pria Lain

Syarat tentu harus menyetorkan sejumlah uang terlebih dulu.

"Korban dengan mudah percaya lantaran tersangka menunjukan bukti-bukti, seperti surat keputusan pengangkatan CPNS," ujar Kompol I Gede Suartika, Kapolsek Pakal.

BACA JUGA: Polisi Cokok Komplotan Begal Tukang Bacok

Penipuan Sakir ini terbongkar, setelah salah satu korbannya, pensiunan anggota polisi asal Banyuwangi melapor ke pihak yang berwajib.

"Korban melaporkan karena uang yang disetorkan  Rp 175 juta untuk anaknya agar dapat bekerja menjadi PNS seperti yang dijanjikan pelaku, hingga waktu yang ditentukan tidak dapat dibuktikan," imbuh Suartika.

Saat ini polisi masih melakukan penyidikan dugaan ada pelaku lain, karena ditemukan aliran dana dari Sakir masuk ke rekening warga Lamongan berinisial G, seorang guru PNS.(end/flo/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kadiskes: Apotek Penjual Obat Ilegal Lebih Baik Dibinasakan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler