Kasus Tambang Ilegal Diduga Dibekingi Aparat, Mahfud MD: Ambil!

Kamis, 15 Desember 2022 – 20:38 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD soal kasus tambang ilegal. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menyebutkan TNI-Polri berkomitmen memberantas kasus mafia tanah hingga tambang ilegal yang diduga dibekingi oknum aparat.

Menurut Mahfud, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah sepakat.

BACA JUGA: 10 Orang Tewas di Lokasi Tambang Ilegal, Irjen Suharyono Minta Anak Buahnya Bergerak

Dia mengatakan banyak kasus mafia bukan hanya tambang ilegal, tetapi juga mafia tanah dan lainnya sulit sekali untuk diselesaikan.

"Ketika akan diselesaikan, persoalan tersebut menjadi sulit karena salah satunya ada oknum aparat penegak yang membekingi," ujar Mahfud.

BACA JUGA: Bos Tambang Ilegal Ongky Kini Masuk Daftar Buronan

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pun mengaku telah mengirimkan tim untuk menyelesaikan banyaknya laporan yang diterimanya.

Namun, ketika pejabat penegak hukumnya yang akan menyelesaikan persoalan itu telah dipindah dan diserahkan kepada pejabat baru maka pejabat baru itu enggan untuk menyelesaikan lantaran mengaku tidak tahu.

BACA JUGA: Mahfud MD Kembali Komentari Kasus Ferdy Sambo, Dia Bilang Begini

"Seharusnya persoalan tersebut sederhana untuk diselesaikan. Namun, kenyataannya menjadi rumit untuk diselesaikan, apalagi bila melibatkan pejabat negara," ucapnya.

Mahfud pun sempat bertanya kepada Sekretaris Menko Polhukam terkait pengaruh seorang pejabat militer yang telah pensiun. Tentara yang sudah pensiun tidak lagi memiliki pengaruh.

"Di laporan saya tuh banyak membeking orang? Membekingi mafia. Jenderal inilah jenderal itulah. Tidak pak, tidak punya kekuatan. Nah kalau begitu saya bilang ambil, saya sampaikan ke polisi, ambil. Orang sudah pensiun kok masih ini. Lalu mau menggunakan apa? Mungkin sebentar lagi ada pengumuman tersangka," jelasnya.

Persoalan membekingi itu, tambah dia, sudah lama terjadi, tetapi tidak ada yang berani untuk mengungkapkannya.

"Saya kira sudah lama ini cuma tidak ada yang berani ngomong saja. Beking-beking an sejak dulu," Mahfud menegaskan. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahfud Bilang Begini Soal Pemberian Pangkat Letkol Tituler ke Deddy Corbuzier


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler