Kembali Jajal Jalan, Jokowi Sebut Provinsi Ini Rusak Benar

Selasa, 16 Mei 2023 – 16:36 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ruas Jalan Kota Jambi hingga Desa Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Selasa (16/5). Foto: Tangkapan layar akun Setpres di YouTube

jpnn.com, JAMBI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ruas Jalan Kota Jambi hingga Desa Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Selasa (16/5).

Jokowi tampak menggunakan mobil sedan Indonesia 1.

BACA JUGA: Pengamat: Pernyataan Jokowi di Musra Mengarah pada Sosok Ganjar Pranowo

Dalam keterangannya di Jalan Akses Sungai Gelam, Jokowi menyampaikan pemerintah pusat akan mengambil alih sejumlah perbaikan jalan provinsi dan kabupaten di Jambi.

"Yang tadi (Jalan Desa Tangkit-Desa Sungai Gelam) itu jalan kabupaten, yang ini (Simpang Ahok-Simpang Bumi Perkemahan Sungai Gelam) jalan provinsi. Ini juga akan diambil alih oleh pusat dan segera juga dikerjakan," kata Jokowi.

BACA JUGA: Survei Charta Politika: 61 Persen Pemilih Jokowi Memilih Ganjar, Sisanya?

Jokowi menyatakan jalan yang rusak ini menganggu aktivitas masyarakat dan ekonomi.

"Karena kalau enggak, yang namanya jalan logistik itu sangat penting sekali, yang namanya jalan produksi itu sangat penting sekali sehingga itu yang didahulukan, apalagi rusak parah, harus segera dikerjakan," ucap Jokowi.

BACA JUGA: Survei Charta: Pemilih yang Tak Puas Dengan Jokowi Cenderung Mendukung Prabowo

Selanjutnya, Jokowi pun menjelaskan sejumlah jalan di Provinsi Jambi yang berada dalam kondisi rusak, baik itu jalan nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota.

"Untuk jalan kabupaten ada 10 ribu kilometer, yang rusak kurang lebih 4.600 (kilometer). Hampir separuh yang rusak jalan kabupaten/kota. Kemudian jalan provinsi ada 1.030 kilometer yang rusak 250 kilometer, 25 persen, seperempatnya. Jalan nasional ada 1.300 (kilometer) yang rusak 130 (kilometer)," ujar Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi menuturkan pemerintah akan melakukan perbaikan sejumlah jalan dalam beberapa waktu ke depan, utamanya perbaikan jalan produksi dan jalan logistik.

"Ini yang kami cek tadi jalan produksi untuk nanas ke sana benar rusak, itu masuk, akan kami mulai (perbaikannya) nanti Juli, Agustus," tutur Kepala Negara.

Tidak hanya di Jambi, Presiden menyampaikan bahwa provinsi lain juga masih banyak yang memerlukan penanganan perbaikan jalan.

Oleh sebab itu, Jokowi menyebut pemerintah pusat dan daerah akan mengerjakan perbaikan jalan secara bersama-sama.

"Ini harusnya dikerjakan daerah semua, provinsi sendiri, kabupaten sendiri. Tetapi karena memang jalan yang di seluruh Tanah Air yang bagiannya kabupaten/kota dan provinsi ini tadi saya sampaikan separuhnya, ya, dikerjakan bareng-bareng belum tentu selesai, mungkin ini dalam waktu dua tahun tiga tahun kami akan kejar secepatnya," ujar Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi saat melakukan peninjauan jalan yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jambi Al Haris. (Tan/JPNN)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hercules Pasang Badan untuk Adiknya Ini, Bakal Mengadu kepada Mahfud hingga Jokowi


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler