Kemdiknas Tingkatkan Pemanfaatkan TIK bagi Pendidikan

Selasa, 27 September 2011 – 17:33 WIB

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) tengah mencanangkan pengembangan strategi nasional Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan dan administrasi, komunikasi dan mendukung peningkatan penyampaian kurikulum pembelajaran di kelas.

Staf Ahli Bidang Organisasi dan Manajemen Kemdiknas, Abdullah Alkaff menjelaskan pentingnya TIK terintegrasi ke dalam sistem pendidikan karena  kebijakan dan penyusunan dokumen-dokumen perencanaan semakin banyak yang mengacu pada teknologi informasi

"Dengan banyaknya dukungan terhadap pemanfaatan TIK untuk pendidikan, maka tantangan besar yang dihadapi adalah memastikan koordinasi dan integrasi dari inisitaif yang beragam dalam kerangka kerja strategis tingkat nasional agar berdampak lebih besar ke dunia pendidikan," ungkap Alkaff ketika ditemui di Gedung Ditjen Pendidikan Tinggi, Kemdiknas, Jakarta, Selasa (27/9).

Lanjut Alkaff, yang dibutuhkan dalam pemanfaatan TIK koordinasi adalah peningkatan efektivitas dan skala

BACA JUGA: Pungutan Sudah Marak, Larangan Baru Dirancang

Serta keberlanjutan dari berbagai inisiatif pemanfatan TIK
Maka dari itu, dipastikan bahwa implementasi strategi TIK dalam pendidikan dapat menciptakan momentum dan kebutuhan untuk koordinasi lebih jauh antara berbagai pemangku kewajiban/ kepentingan (stakeholders).

"Ke depannya, rencana ini perlu diterjemahkan ke dalam rencana yang lebih mudah dilaksanakan dan dikoordinasikan untuk implementasi yang lebih sinkron," imbuhnya.

Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan tantangan tersebut, terang Alkaff, Kemdiknas akan mengundang stakeholders untuk mendiskusikan dan mengembangkan pendekatan yang terkoordinasi dalam melakukan investasi dalam integrasi TIK.

"Secara khusus dalam konteks desentralisasi pendidikan, mengkaji kemajuan yang telah dicapai dalam integrasi TIK itu penting

BACA JUGA: Sulit Gratiskan SMA jika BOS Masih Bocor

Selain itu, kita juga akan mengkaji dan menyepakati target-target nasional untuk roll out TIK di sekolah, serta memikirkan berbagai cara mengkoordinasikan usaha-usaha saat ini agar efek positif di sekolah dapat lebih dioptimalkan," tuturnya
(cha/jpnn)

BACA JUGA: Revisi APBN 2011 Bakal Hambat Perbaikan Sekolah

BACA ARTIKEL LAINNYA... 2013, Seluruh SMA Bebas SPP


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler