Kemensos Minta Tambahan Dana PKH Rp 300 Miliar

Kamis, 16 September 2010 – 14:31 WIB
JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) meminta tambahan dana Program Keluarga Harapan (PKH) atau bantuan tunai bersyarat, sebesar Rp 300 miliar untuk tahun anggaran (TA) 2011Hal ini terkait dengan target Kemensos agar program PKH bisa merata (berjalan) di 33 provinsi.

Dalam pagu indikatif Kemensos, dana yang telah diplotkan untuk program PKH adalah Rp 1,6 triliun pada 2011

BACA JUGA: Kabupaten Antisipasi Peristiwa Ciketing

Bantuan itu akan diberikan pada 1,16 juta rumah tangga sasaran (RTS), untuk tambahan lima provinsi penerima bantuan tunai tersebut
Sekjen Kemensos, Ghozali H Situmorang mengatakan, dengan penambahan lima daerah itu, berarti sudah 25 provinsi yang menerima program PKH hingga 2011.

"Jumlah RTS yang ada di Indonesia, sesuai data Kemensos adalah 3,5 juta

BACA JUGA: Cirus Disebut Rekayasa Pasal

Yang sudah diselesaikan hingga 2010 sebanyak 816 ribu orang," ungkap Ghozali, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR RI, Kamis (16/9).

Diakuinya, dengan baru tergarapnya 25 provinsi, kini delapan provinsi lainnya merasa termarginalkan
Oleh karena itu, Ghozali berharap DPR RI memberikan tambahan anggaran untuk delapan provinsi lagi, sehingga totalnya bisa langsung menjadi 33 provinsi.

"Kami sudah punya hitung-hitungannya

BACA JUGA: Kritik BLT Tak Hapus Kemiskinan

Kalau delapan provinsi itu masuk program PKH 2011, berarti butuh tambahan dana Rp 300 miliarDana itu untuk meng-cover 1,5 juta RTS di delapan provinsi tersebut," urainya.

Adapun variabel penerima PKH itu sendiri, lanjut Ghozali, yang paling utama adalah adanya dukungan PemdaDi mana bupati/walikota-nya katanya, harus membuat pernyataan kalau di daerahnya siap mendapatkan dana PKHSelain itu syarat lainnya, service provider-nya juga harus siap(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bermula dari Rumah, Berakhir di Lahan Kosong


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler