Kementan: Sertifikasi jadi Kunci Sukses Pembangunan SDM Pertanian

Jumat, 24 September 2021 – 21:45 WIB
Sekretaris Badan PPSDMP, Siti Munifah dalam Rapat Pimpinan Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian di Hotel Santika Garut, Jumat (24/09). Foto: dok Kementan

jpnn.com, GARUT - Tidak bisa dipungkiri, Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian merupakan faktor penting bagi pembangunan sektor pertanian.

Salah satu indikator penting dalam keberhasilan pembangunan SDM pertanian adalah sertifikasi profesi bidang pertanian.

BACA JUGA: Kementan Dorong Pengembangan Tanaman Kapulaga, Keuntungannya Menggiurkan Lho...

Oleh karena itu Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (PPSDMP) Kementerian Pertanian Siti Munifah mengatakan saat ini lembaganya sedang melakukan sertifikasi berkelanjutan untuk meningkatkan SDM pertanian lebih berkualitas.

"Sertifikasi akan dilakukan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) pendidikan, demi terwujudnya SDM unggul diawali dengan sertifikasi yang ada," ujar Siti Munifah.

BACA JUGA: Kementan Komitmen Perbaiki Pengelolaan Pupuk Subsidi, Begini Respons Komisi IV DPR

Dia menambahkan ada tiga faktor keberhasilan sertifikasi. Pertama, ketenagaan itu sendiri yang di dalamnya termasuk BPPSDMP yang melakukan penyelenggaraan, juga para assesor.

Kedua, kelembagaan TUK maupun kelembagaan yang melakukan pelaksanaan dan ketiga adalah sisi sistem penyelenggaraannya itu sendiri.

BACA JUGA: Kementan dan Komisi IV DPR Komitmen Perbaiki Distribusi Pupuk Subsidi

"SOP sudah kita perbaiki untuk penyelenggaraan sertifikasi ini," papar dia.

Saat ini, kata Siti, pihaknya memiliki 1.200 P4S dan diharapkan ke depannya bisa makin berkembang lagi.

"Karena P4S ini ternyata banyak diminati petani milenial. Kami mohon bantuan para kepala UPT untuk mengawal dan membimbing para petani milenial yang ingin membangun P4S," terangnya.

Dia berharap P4S menjadi wadah untuk mengakselerasi peningkatan kualitas SDM pertanian pedesaan secara swadaya, sehingga kegiatan-kegiatan massif bisa dilaksanakan.

"Pelatihan aparatur 11.600 yang sudah kita latih. dan non aparatur 25.300. Data ini selalu terupdate dan bisa berubah sewaktu-waktu," ujar Siti.

Siti berharap ke depan P4S bisa menjadi kelembagaan pelatihan swadaya yang meningkatkan kualitas SDM pertanian.

"Jadi, nanti kepala UPT silakan menentukan P4S-P4S-nya untuk tampil di acara bertani On Cloud menyampaikan inovasi-inovasi teknologi dan juga profilnya, sehingga menginspirasi bagi petani maupun kelompok petani milenial untuk membangun P4S di wilayahnya," tutup Siti Munifah. (mrk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kementan Tingkatkan Keterampilan Petani Lewat Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Tim Redaksi, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler