Kemlu Evakuasi WNI di Sudan

Rabu, 25 Desember 2013 – 13:13 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kondisi mencekam terjadi di wilayah Sudan Selatan. Pertempuran antara suku Dinka Ngok pendukung Presiden Salva Kiir dan suku Neir pendukung mantan Wapres Riek Machar meletus sejak sepekan lalu. Akibat pertempuran tersebut, beberapa negara seperti Inggris telah mengirimkan pesawat untuk mengevakuasi warga negaranya.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Bantuan Hukum Indonesia (BHI) di Luar Negeri Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Tatang B. Razak mengatakan, hal serupa juga telah dilakukan oleh perwakilan pemerintah Indonesia. Para WNI sudah dievakuasi meskipun pemulangan ke tanah air belum dirasa perlu. "Sejauh ini, semua aman dan terkendali. Sebagian telah dievakuasi juga oleh perusahaannya," tutur Tatang saat dihubungi.

BACA JUGA: Pohon Natal Tetap Tegak di Reruntuhan

Dia menerangkan, jumlah WNI yang tercatat berada di Sudan Selatan 27 orang. Mereka merupakan pekerja profesional di INGO atau perusahaan minyak dan gas yang sifat kerjanya on/off masuk ke Sudan Selatan.

Mereka telah dievakuasi ke daerah Nairobi, Kenya. "Mereka dievakuasi ke sana karena akses ke sana lebih mudah daripada ke Khartoum (ibu kota Sudan)," jelas Tatang.

BACA JUGA: Misi Tercapai, Snowden Merasa Menang

Sebab, seluruh penerbangan ke Bandara Juba ditutup. Selain itu, akses darat sangat jauh dari Khartoum serta hanya bisa dilalui lewat Uganda, Kenya, dan Nairobi. Dengan begitu, mereka terpaksa dievakuasi ke negara-negara tersebut terlebih dahulu. (mia/c11/kim)

BACA JUGA: Dapatkan Amnesti, Personel Pussy Riot Bebas dari Bui

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perang Sipil Guncang Sudan Selatan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler