Ketahui Bahaya dari Menahan Kencing

Minggu, 10 Maret 2019 – 04:05 WIB
Menahan kencing. Ilustrasi

jpnn.com - Kebutuhan untuk buang air kecil merupakan hal yang alami agar tubuh bisa mengeluarkan sisa dan limbah tubuh. Namun sayang, di antara kita pasti pernah menahan buang air kencing, mungkin karena sedang berkendara dalam kemacetan, sedang dalam rapat penting.

Pada dasarnya, menahan kencing sesekali tidaklah berbahaya. Namun, Anda harus waspada tubuh bisa merasakan dampak buruknya, yaitu:

BACA JUGA: Dunia Kedokteran Akui Kumis Kucing Ampuh Keluarkan Batu Ginjal

1. Nyeri

Bila Anda kerap mengabaikan keinginan untuk kencing, Anda bisa mengalami nyeri perut bawah atau nyeri pinggang. Nyeri ini berasal dari kram otot-otot kandung kemih yang tetap berkontraksi meski urine telah dikeluarkan, sedangkan nyeri pinggang berasal dari gangguan ginjal. Nyeri juga bisa dirasakan saat sedang kencing.

BACA JUGA: Ketahui 12 Penyebab Kencing Terasa Sakit

2. Kandung kemih longgar

Dalam jangka panjang, kebiasaan menahan kencing bisa melonggarkan kandung kemih, sehingga mempersulit kontraksi saat mengeluarkan urine. Kondisi ini bersifat permanen, sehingga diperlukan alat bantu seperti kateter untuk mengeluarkan urine.

BACA JUGA: Ketahui Akibat Bila Sering Menahan Buang Air Kecil

3. Infeksi saluran kemih

Dalam kondisi normal, kandung kemih mengandung sejumlah bakteri yang bersifat protektif. Namun, bila kondisi berubah, misalnya akibat menahan kencing terlalu lama, bakteri-bakteri ini bisa tumbuh berlebihan dan memicu infeksi saluran kemih. Infeksi ini dapat menyebar ke ginjal dan menimbulkan dampak buruk yang lebih luas.

Risiko infeksi juga lebih besar apabila Anda kurang minum. Ini karena kandung kemih tidak pernah cukup penuh untuk mengirimkan sinyal ke otak dan menimbulkan keinginan untuk kencing, sehingga bakteri di dalamnya berkesempatan untuk berkembang biak dan memicu infeksi.

4. Batu ginjal

Pada orang yang rentan, menahan kencing dapat memicu batu ginjal. Terutama pada mereka yang sudah pernah mengalami batu ginjal atau kadar mineral dalam urinenya cenderung tinggi (yakni, kalsium, oksalat, sistin, dan asam urat). Namun, batu ginjal juga bisa terbentuk meski kadar mineral ini normal apabila jumlah urine yang diproduksi setiap harinya sedikit, yaitu bila Anda kurang dehidrasi atau kurang minum.

5. Mengompol

Sering menahan kencing juga bisa merusak otot-otot dasar panggul, salah satunya otot berbentuk donat yang mengitari uretra (spinchter urethra). Otot ini membuat lubang saluran kemih tetap tertutup, sehingga urine tidak bocor atau merembes. Bila otot ini sampai rusak, maka Anda akan mengompol.

Jadi, tak apa menahan kencing sesekali jika memang kondisinya tak memungkinkan. Namun, jangan sampai menjadikannya kebiasaan, ya, karena dampak buruknya tak sepadan. Mulai dari risiko infeksi saluran kemih, batu ginjal, hingga mengompol pada orang dewasa.(RN/ RH/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anda Mengonsumsi Lebih Banyak Air Putih? Nih Manfaatnya


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler