Ketua Bawaslu Minta Daerah Bisa Bersinergi pada Pilkada 2024

Kamis, 25 Juli 2024 – 15:00 WIB
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja meminta jajaran ketua dan anggota di provinsi dan kabupaten/kota dapat bersinergi baik dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

Hal itu untuk mendorong administrasi dan penyerapan anggaran yang dapat dipertanggungjawabkan.

BACA JUGA: Jabar Masuk Daerah Paling Rawan Gangguan di Pilkada 2024, Begini Arahan Bawaslu RI

"Tolong pimpinan secara terbuka ungkapkan isu yang relevan pada proses pemilu dan proses administrasi kepemiluan. Termasuk masalah keamanan, kecurangan, kekurangan dalam administrasi dan teknis," kata Bagja dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, koordinasi yang terbuka dan mengedepankan transparansi harus terus ditumbuhkan di lingkungan kerja Bawaslu.

BACA JUGA: Yusfitriadi: Jika KIM Makin Solid di Kabupaten Bogor, Pilkada Akan Kondusif

Oleh karena itu, dia meminta tidak ada kerja-kerja yang terhambat karena adanya ketidakpatuhan dan keterbukaan terkait administrasi.

Bagja menyampaikan ada kemungkinan saat pilkada banyak program dan pengawasan yang dilakukan.

BACA JUGA: Bawaslu Temukan Banyak Kasus Kelalaian Saat Coklit Pilkada 2024

"Kami harapkan kita bisa melakukan dukungan pada sekretariat dengan baik dan juga pihak sekretariat membantu teman-teman ketua dan anggota," ujr laki-laki kelahiran Medan itu.

Sementara Inspektorat Utama (Irtama) Bawaslu Rini Wartini meminta selain memberikan dukungan administrasi dan teknis, kesekretariatan juga harus memberikan dukungan laporan pertanggungjawaban yang benar dan akuntabel sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Saya berharap kira semua jajaran sekretariat memberikan dukungan administrasi dan teknis secara maksimal dengan memperhatikan ketentuan pengelolaan keuangan," jelas Rini.

"Kegiatan yang disusun harus memperhatikan tahapan Pemilihan Tahun 2024 harap berdiskusi lebih awal antara komisioner dengan jajaran sekretariat sehingga saling terbuka dan diharapkan tidak ada saling curiga," pungkasnya. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bawaslu Gandeng Universitas Bung Karno Sosialisaikan Pengawasan Pilkada Serentak dari Praktik Curang


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler