KIB Terbentuk, Politikus Demokrat Singgung Pembentukan Poros Koalisi Baru

Sabtu, 21 Mei 2022 – 14:48 WIB
Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyatakan bahwa partainya belum menentukan sikap apakah bergabung dengan KIB atau tidak. Foto: Dok.pri

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat (PD) Kamhar Lakumani mengatakan bahwa parpolnya belum menentukan sikap apakah bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) atau tidak.

Diketahui, KIB terbentuk setelah Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa sepakat bekerja sama.

BACA JUGA: Politisi PAN Yakin KIB Tak Ganggu Kinerja Airlangga dan Monoarfa di Kabinet Jokowi

Menurut Kamhar, PD berfokus pada konsolidasi internal dan penjaringan caleg untuk Pemilu 2024 sebelum berbicara koalisi untuk Pilpres 2024.

"Kami saat ini berfokus pada konsolidasi internal untuk menyiapkan mesin politik partai agar berfungsi efektif dan optimal," katanya melalui layanan pesan, Sabtu (21/5). 

BACA JUGA: Sudah Punya Modal Politik, PDIP Tenang Hadapi Pilpres 2024

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu melanjutkan, dinamika politik menuju Pilpres 2024 masih dinamis.

Dari situ, kata Kamhar, masih terbuka kemungkinan poros koalisi selain KIB akan terbangun menyambut Pilpres 2024.

BACA JUGA: AHY Dorong Kader Demokrat Jabar Memenangi Pemilu 2024

"Kami mengerucutkan sikap politik terkait pilpres ini di pengujung 2022 atau awal 2023 seraya terus mencermati dinamika dan konfigurasi politik yang terbentuk," lanjut Kamhar.

Alumnus Universitas Hasanuddin Makassar itu mengatakan, peluang PD untuk berkoalisi dengan KIB atau membentuk poros baru sama besar. 

"Kami optimistis bisa membentuk poros koalisi yang pada saatnya nanti menjadi tiket dan memenangi kontestasi untuk mewujudkan harapan rakyat," ujar Kamhar.

Namun, dia menekankan bahwa PD tidak diam menyambut Pilpres 2024.

Komunikasi politik dan silaturahmi terus dibangun agar PD bisa terlibat aktif dalam pemilihan mencari pemimpin Indonesia itu.

"Terkait pilpres, segenap kader tentu berharap kader utama dan terbaik kami, Mas Ketum AHY (Agus Harimurti Yudhoyono, red), mendapatkan kesempatan sejarah untuk tampil sebagai kontestan," ujar Kamhar. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Puan Dinilai Punya Kans Besar di Pilpres 2024, Nih Alasannya


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler