Kodam VI/Mulawarman Bangun Posko Pengamanan Sementara di IKN Nusantara

Rabu, 06 April 2022 – 18:48 WIB
Kodam VI/Mulawarman membangun posko pengamanan di titik nol IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, PPU, Kaltim. Foto : Div. Penerangan Kodam VI/Mulawarman.

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Jajaran Kodam VI/Mulawarman membangun posko pengamanan di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Posko pengamanan di kawasan objek vital nasional itu dibangun seusai Presiden Jokowi melaksanakan ritual penyatuan tanah dan air dari penjuru negeri bersama 34 gubernur.

BACA JUGA: Jangan Kaget, Masalah Baru Muncul Setelah Presiden Bikin Ritual di Titik Nol IKN, Lihat

Posko pengamanan dibangun Kodam VI/Mulawarman di atas bekas lokasi berkemah Presiden Jokowi bersama para menteri, pada Senin, 15 Maret 2022 lalu.

Di atas lokasi itu pula nantinya akan dibangun Istana Negara.

BACA JUGA: Pemprov DKI Bahas RUU Kekhususan Jakarta Jelang Pemindahan IKN

Oleh sebab itu, Kodam VI/Mulawarman membentuk satuan tugas guna melakukan pengamanan saat proses pembangunan.

"Posko ini tidak permanen, kami bangun menggunakan kontainer karena di sini nanti akan dibangun Istana Negara," ungkap Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Teguh Pudjo Rumekso melalui rilisnya kepada JPNN.com, Rabu (6/4).

BACA JUGA: Wahai Kader Demokrat Penerima Duit Panas Bupati PPU, Siap-siap, ya

Mayjen Teguh menjelaskan posko tersebut juga digunakannya untuk berkantor selama berlangsungnya pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

Tugas Kodam VI/Mulawarman ialah mengamankan kawasan IKN Nusantara dari ragam masalah dan gangguan.

"Pengamanan pembangunan IKN tidak hanya Kodam VI/Mulawarman, tetapi juga Polda Kaltim," tegas dia.

Tugas pengamanan di kawasan objek vital IKN akan ditangani Kodam VI/Mulawarman, hingga nantinya dibangun Kodam dan Kodim baru di IKN Nusantara.

"Di IKN Nusantara ini nanti juga dibangun Mabes TNI, Mabes AD, Mabes AL, dan Mabes AU, termasuk Kodam dan Kodim IKN, semua akan ikut berpindah ke sini," beber Teguh.

Kodam VI/Mulawarman mengerahkan Satuan Tugas Pengamanan IKN Nusantara mengerahkan satu SSR terdiri dari 12 personel yang dibantukan Yonif Raider 600/Modang dan Koramil Sepaku.

"Juga ada penambahan dari personel baru di Kodam VI/Mulawarman yang juga akan di tempatkan di sini." pungkas Teguh. (mcr14/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wagub Kaltim Minta Pembangunan IKN Nusantara tak Membebani Masyarakat


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Arditya Abdul Aziz

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler