Kontribusi Ekonomi Kreatif, Pemerintah Optimis 7 Persen

Jumat, 07 Agustus 2009 – 15:51 WIB
JAKARTA- Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan pemerintah sangat optimis dengan kontribusi rata-rata ekonomi kreatif pada pada Produk Domestik Bruto (PDB) dari sebelumnya 6,3 persen tumbuh 0,7 persen pada tahun 2010 menjadi 7 persen.

Selama 2006 hingga 2009 kotribusi ekonomi kreatif di dalam PDB hanya mampu mencapai angka Rp104 triliun atau sebesar 6,3 persen dari total PDB nasional. 

"Dalam kajian yang dilakukan Departemen Perdagangan para pelaku usaha dan pemerintah terkait, ekonomi kreatif memang terus menunjukkan kontribusinya terhadap pembangunan," kata Mari Elka.

Sementara itu, Mendag juga menjelaskan saat ini pemerintah telah menyusun cetak biru pengembangan ekonomi kreatif Indonesia hingga tahun 2025 mendatang“Dalam cetak biru industri kreatif 2009-2025, pemerintah menargetkan kontribusi terhadap PDB naik menjadi 9-11 persen,” sebut Mendag.

Pada tahun 2025 tersebut, terang Mendag, jumlah pelaku usaha yang bergerak di sektor industri kreatif ditargetkan meningkat menjadi sekitar 7,7 juta perusahaan atau naik tiga kali lipat dari posisi 2006.

Namun untuk kondisi saat ini, Mendag memang mengakui bahwa salah satu hasil dari proses pembahasan  pengembangan ekonomi kreatif adalah kurangnya apresiasi terhadap pelaku kreatif dan hasil karya seseorang

BACA JUGA: Pameran Virus K Berpeluang Atasi Kemiskinan

“Maka itu, pameran ini diharapkan akan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pelaku dan prpduk kreatif,” lanjut Mendag
(cha/JPNN)

BACA JUGA: Aperlindo Keluhkan Lampu Impor

BACA JUGA: Depdag Masih Tunggu Klarifikasi Importir

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kendala Kualanamu Sudah Teratasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler