Koperasi Kesulitan Dapat Dana Bergulir

Jumat, 19 Agustus 2011 – 04:01 WIB

SANGATTA - Banyak koperasi saat ini tak bisa mendapatkan dana bergulirSusahnya mendapat dana itu karena sulitnya memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

BACA JUGA: Hatta Minta PLN Genjot Cakupan Layanan



"Kerja sama dengan BPR memang sudah lama, tapi hanya beberapa koperasi saja yang bisa mendapat dana bergulir
Karena hampir rata-rata koperasi di Kutim tidak bisa memenuhi persyaratan yang diajukan bank," tandas Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kutim Aisyah.

Selama ini Dinas Koperasi dan UKM memang telah menjalin kerja sama dengan BPR

BACA JUGA: Karyawan Istaka Tagih Janji Menteri BUMN

Dimana bentuk kerja sama tersebut berupa pemberian dana bergulir dari bank kepada sejumlah koperasi


Menurut Aisyah, sebenarnya banyak koperasi yang telah mengajukan permohonan dana ke bank yang telah menjalin kerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM

BACA JUGA: Cadangan Dana Risiko Bengkak Rp 11,1 T

Namun setelah melalui seleksi persyaratan, sejumlah koperasi itu pun gagal karena tidak memenuhi persyaratan yang diajukan oleh bankSehingga saat ini hanya beberapa koperasi saja yang mendapatkan dana bergilir tersebut.

"Ada 2 bank yang telah menjalin kerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kutim, yakni BPR dan Bank KaltimSementara untuk periode ini baru 3 koperasi yang mendapat bantuan dana bergulir dari bank," jelasnya.

Oleh karena itu lanjut Aisyah, agar sejumlah koperasi ini bisa memenuhi persyaratan yang diajukan bank untuk mendapat dana bergulir tersebut, pihaknya senantiasa melakukan peningkatan dan pembinaan terhadap pengurus koperasiSehingga diharapkan kendala yang dihadapi bisa diselesaikan.

"Kalau pengajuan dananya masih di bawah 5 jutaan mungkin bisa dengan mengajukan jaminan sajaNamun jika dana yang diajukan  di atas 50 juta, maka persyaratannya mengacu pada peraturan Bank Indonesia," pungkas Aisyah(aj/awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BTN Jembatani Penyaluran Dana UKM


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler