Korlantas Janji Tingkatkan Layanan untuk Pemudik Lebaran

Kamis, 22 Agustus 2013 – 21:12 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kepolisian mendapat rapor biru dari pemudik terkait pelayanan arus mudik dan balik lebaran 2013.  Berdasarkan survei Lembaga Analis Ekonomi Politik dan Kebijakan Publik (Lanskap), polisi mengantongi nilai 7,3.

Namun, hasil itu tak membuat Polri langsung puas. Kabag Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Korlantas Polri, Kombespol Unggul Sediantoro mengatakan, Polri selama 2-17 Agustus menggelar Operasi Ketupat dengan tujuan mengamankan masyarakat yang menjalankan trasidi mudik.

BACA JUGA: Marzuki Lega Komite Konvensi Segera Tetapkan Kriteria

"Ini suduah jadi tekad dan tujuan oeprasi ketupat selain untuk memperlancar distribusi sembako dan mengamankan kegiatan keagamaan saat salat ied dan kegiatan wisata ketika berlibur lebaran," kata Unggul di Jakarta, Kamis (22/8).

Hanya saja, Unggul mengakui bahwa Polri belum sepenuhnya berhasil, terutama dalam mengajak pemudik bersepeda motor untuk berelih ke roda empat atau moda transportasi lainnya. Hal itu demi menekan tingkat kecelakaan lalulintas.

BACA JUGA: Dorong TNI Punya Satelit Sendiri

"Ini kita dorong agar tidak banyak yang menggunakan kendaraan pibadi terutama sepeda motor. Alhamdulillah imbauan secara signifikan dapat diterapkan dan mengurangi angka kecelakaan dari seribuan korban meninggal tahun lalu, kini berkurang jadi 700-an korban," urainya.

Diakuinya beberapa kekurangan dari survei itu memang terjadi. Misalnya gelar kekuatan personil Polri memang masih didominasi di pantai utara (Pantura), sehingga wajar pelayanan di selatan sedikit kurang. Begitu juga di Jawa Timur yang hasilnya kurang. Namun, hal ini memberikan gambaran bahwa Jatim memang tidak mendapat backup penuh dari mabes polri.(fat/jpnn)

BACA JUGA: Jaksa Berupaya Hadirkan Ridwan Hakim

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ditanya Soal Hutang Hilmi, Elda Sesak Nafas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler