KPU Diminta Tak hanya Gadeng Lemsaneg

Jumat, 25 Oktober 2013 – 14:17 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih bisa melanjutkan kerjasamanya dengan Lembaga Sansi Negara (Lemsaneg) untuk pengamanan data Pemilu.

Menurut Mahfudz, dalam keputusan rapat gabungan Komisi I dan II kemarin, DPR meminta KPU meninjau ulang keberadaan Lemsaneg dalam lingkup kerja mengamankan data Pemilu. Namun dia menilai letak persoalannya bukan pada kerjasamanya.

BACA JUGA: Polisi Disarankan tak Periksa Pelaku Video Mesum Anak SMP

"Bagi saya bukan soal keterlibatan Lemsanegnya, tapi bagaimana KPU bisa menjaga sistem informasinya agar tidak mudah diakses pihak-pihak tidak bertanggungjawab," kata Mahfudz ditemui di Gedung DPR RI Jakarta, Jumat (25/10).

Menurut Mahfudz, dari pemaparan KPU di Komisi I, saat ini sistem data informasi KPU itu telanjang, artinya dengan mudah bisa disusupi oleh siapapun. Karena itulah KPU diminta menyiasatinya dengan memperkuat pengamanan sistem informasi itu.

BACA JUGA: Aset Tersangka Kredit Fiktif Terus Ditelusuri

Bentuk kerjasama itu menurutnya harus dalam bentuk konsorsium, artinya tidak hanya melibatkan satu pihak seperti Lemsaneg. Tapi juga melibatkan pihak lain yang ahli dalam sistem pengamanan. Hal itu untuk menghilangkan kecurigaan terhadap Lemsaneg.

"Apakah Lemsaneg masih dilibatkan, itu nanti diserahkan ke KPU. Apakah murni swasta, atau karena kompetensi teknisnya Lemsaneg tetap dilibatkan. Intinya boleh tapi melibatkan pihak lain dalam bentuk konsorsium," tegasnya. (fat/jpnn)

BACA JUGA: Polisi Cari Pengedar Video Porno Pelajar SMP

BACA ARTIKEL LAINNYA... Garap Lagi Tersangka Korupsi Alquran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler