KPU Distribusikan Surat Suara Pilpres

Kamis, 11 Juni 2009 – 14:10 WIB
JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai hari ini, Kamis (11/6) mendistribusikan logistik surat suara untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2009.

Wakil Kepala Biro Logistik KPU, Boeradi mengatakan, pendistribusian surat suara Pilpres 2009 dilakukan ke sejumlah daerah yang menjadi prioritas seperti Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kepulauan Riau dan Kalimantan.

Semua surat suara itu didistribusikan melalui pesawat terbangHanya saja, mengenai jumlahnya, Boeradi mengaku tidak mengetahuinya

BACA JUGA: KPU Kesulitan Awasi Pejabat BUMN

"Saya lupa jumlahnya," kata Boeradi di kantornya, Kamis (11/6).

Selain itu, KPU juga hari ini mendistribusikan surat suara pilpres 2009 untuk luar negeri, mengingat surat suara tersebut sudah selesai dicetak
"Setelah surat suara dikirim, Panitia Pemilihan Luar Negeri segera mendistribusikan ke negara masing-masing," ungkap Boeradi.

Dijelaskan Boeradi, untuk pendistribusian ke Kalimantan, setidaknya ada beberapa kabupaten yakni terdiri dari delapan kabupaten di Kalimantan Barat, tujuh kabupaten di Kalimantan Tengah, 11 kabupaten di Kalimantan Timur dan tiga kabupaten di Kalimantan Selatan.

Adapun untuk pendistribusia surat suara yang akan dilakukan Jumat (12/6) besok adalah ke wilayah Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT)

BACA JUGA: KPUD Nias Selatan Terancam Dipecat

Sedangkan untuk hari Sabtu akan dikirim ke Bali.

"Dalam pendistribusian surat suara ini, KPU memang mendahulukan kepada daerah-daerah prioritas
Karena sesuai pengalaman-pengalaman sebelumnya, seperti daerah Papua dan lainnya selalu mengalami keterlambatan pengiriman logistrik surat suara," ujarnya.

Disinggung soal adanya kendala dalam proses pencetakan surat suara, Boeradi mengaku KPU tidak mengalami masalah dalam pencetakan kertas suara

BACA JUGA: Bawaslu Siap Pidanakan Pejabat BUMN Kampanye

"Tidak ada, kalaupun ada kerusakan itu hanya saat percobaan cetak saja, itupun jumlahnya sedikit," ucapnya.

Seperti diketahui, KPU menargetkan sekitar 190 juta surat suara selesai dicetak Minggu (14/6) mendatang, sehingga pendistribusian ke KPU kabupaten/kota bisa tuntas hingga tanggal 25 Juni mendatang.(sid/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPU Tunggu MK untuk Revisi Hasil Pileg


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler