KPU Dorong Kandidat Lakukan Kampanye Dialogis

Jumat, 18 September 2015 – 16:29 WIB
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengatakan kampanye lewat alat peraga merupakan salah satu pilihan dari sekian banyak pilihan. Namun, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menilai kurang tepat apabila kandidat kepala dan daerah dan wakil kepala daerah hanya mengandalkan kampanye melalui alat peraga.

“Kami menginginkan paslon (pasangan calon) dan tim sukses banyak melakukan kampanye dialogis sehingga pesan-pesan substantif sampai ke masyarakat,” ujar Husni, di Jakarta, Jumat (18/9).

BACA JUGA: LSM: Tunjangan DPR Tak Pernah Naik? Itu Bohong Belaka

Menurut Husni, masih ada alat peraga yang belum selesai diproduksi dan terpasang di sejumlah daerah. Padahal, kata dia,  masa kampanye telah berlangsung.

“(Pengadaan alat peraga, red) tetap berjalan. Tapi yang perlu diingat kampanye banyak pilihan,” katanya.

BACA JUGA: Beberapa Daerah Lambat Urus DPT Pilkada, KPU Cari Solusi

Menurut Husni, dalam UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, banyak tema yang harus disampaikan ke masyarakat. Diantaranya tema mengenai  visi kesejahteraan, pendidikan dan ekonomi harus disampaikan para kandidat ke masyarakat.

“Kalau hanya alat peraga, itu kan seberapa banyak yang bisa disampaikan dan seberapa efektif pula, jadi tidak tergantung pada itu,” ujar mMantan Komisioner KPUD Sumatera Barat ini ini.

BACA JUGA: Politikus Hanura Tak Yakin DPR Bentuk Pansus Pelindo II

Ditanya mengenai apa target dari alat peraga yang disediakan oleh KPU, menurut Husni, sebenarnya sebelum masa kampanye dimulai. Namun karena terdapat proses di mana materi alat peraga berasal dari pasangan calon, membuat akhirnya terdapat beberapa kendala di lapangan.

“Misalnya kalau mereka belum memberikan, bagaimana alat peraga mau diproduksi. Itu kan yang menjadi soal,” ujar Husni.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waketum PPP Minta KPUD Kalteng Jaga Netralitas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler