Kuda Hitam dari Austria

Sabtu, 22 Februari 2014 – 19:49 WIB

jpnn.com - BERNE - Begitu menerima bola di lingkaran tengah lapangan pada menit ke-35, Jonathan Soriano sempat melihat posisi kiper Ajax Amsterdam Jasper Cillessen yang terlalu jauh meninggalkan gawang. Dengan percaya diri, gelandang FC Red Bull Salzburg asal Spanyol itu men-chip bola yang tidak mampu dijangkau Cillessen.

Gol itu pun mengingatkan kepada gol legendaris David Beckham ke gawang Wimbledon yang dikawal Neil Sullivan pada hari pertama Premier League Inggris 2006-2007. Persisnya pada 17 Agustus 2006 di Selhurst Park. Beckham mengelabui Sullivan juga dari tengah lapangan.

BACA JUGA: Hajar Nuggets, Bulls Petik 5 Kemenangan Beruntun

Gol spektakuler Soriano itu merupakan gol ketiga Salzburg yang langsung membungkam tuan rumah Ajax di Amsterdam ArenA dalam first leg babak 32 besar kemarin dini hari WIB. Soriano yang pernah membela Espanyol dan Barcelona B itu membuka kemenangan timnya melalui penalti pada menit ke-14 yang lantas digandakan Sado Mane tujuh menit berselang.

Kemenangan 3-0 itu pun membuka mata semua tim yang tersisa di Europa League musim ini betapa berbahayanya Salzburg. Mereka adalah kuda hitam yang bisa menyulitkan siapa saja. Di babak sebelumnya, tim yang tengah memimpin klasemen sementara Liga Austria tersebut juga terus menang dalam enam laga.

BACA JUGA: Tim Tersukses NBA Telan Kekalahan Ke-37

“Itu gol terbaik yang pernah saya cetak. Tapi, saya tidak mau terlalu percaya diri bahwa kami bakal bisa meneruskan langkah hebat ini. Satu per satu dulu,” kata Soriano seperti dilansir situs resmi UEFA.

Sepanjang 90 menit tim asuhan Roger Schmidt itu memperagakan sepak bola yang efektif. Ajax boleh mendominasi penguasaan bola hingga 62 persen. Tapi, Salzburg yang menerapkan pressing ketat ketika kehilangan bola dan bermain direct saat menyerang bermain lebih tepat sasaran.

BACA JUGA: Berpeluang jadi Legenda MU, Ini Kata Rooney

Itu terlihat dari tembakan yang mengarah ke gawang. Ajax hanya mencatat dua shoot on goal, sedangkan Salzburg melakukan itu tujuh kali. Total Salzburg melepaskan 13 tembakan, berbanding tiga yang dilakukan Ajax sepanjang pertandingan. (c4/ttg)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini 8 Pemain Bergaji Tertinggi di Premier League


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler