Kuota SBM PTN Unair 1.522 Kursi

Pendaftaran dengan Ujian Tulis

Minggu, 23 Maret 2014 – 14:04 WIB

jpnn.com - SURABAYA - Ada banyak jalan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri. Selain melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN), calon mahasiswa bisa menempuh kuliah dengan mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN).

Untuk jalur SBM PTN, pendaftar wajib mengikuti ujian tulis. Itu bebeda dengan SNM PTN yang menyeleksi berdasar nilai dan prestasi siswa. SBM PTN sudah di-launching Kemendikbud Jumat (21/3). Pendaftaran SBM PTN akan dibuka pada 12 Mei hingga 6 Juni 2014.

BACA JUGA: Nuh, Ingin Kembali jadi Dosen

Sementara itu, waktu pelaksanaan ujian tulis pada 17 Juni. Hari pelaksanaan itu bersamaan dengan hari pengumuman kelulusan siswa yang mendaftar SBM PTN.

Wakil Rektor I Unair Prof Achmad Syahrani mengimbau calon mahasiswa yang ingin mendaftar lewat SBM PTN untuk mulai mengumpulkan informasi studi di PTN.”Mulai daya tampung PTN dan peminatnya di tahun sebelumnya,” terangnya. Semua informasi tersebut bisa dilihat pada laman sbmptn.or.id.

BACA JUGA: Audit BPKP Rampung, TPP Mengendap Rp 6 Triliun

Di Unair, kata Syaharani, kuota penerimaan mahasiswa baru melalau jalur SBM PTN meningkat bila dibandingkan dengan tahun lalu. Dari yang semula hanya 15 persen, tahun ini menjadi 30 persen. Kenaikan itu terjadi karena kuota dari jalur mandiri tahun ini turun. “Di Unair tahun ini SBM PTN 30 persen dan mandiri 20 persen. Tahun lalu kuota mandiri mencapai 35 persen,” ungkapnya.

Dengan kuota tersebut, ada 1.522 kursi untuk mahasiswa baru Unair yang diterima dari jalur SBM PTN tahun ini. Jumlah itu berasal dari 700 prodi IPA dan 822 prodi dari kelompok IPS. Prodi dari kelompok IPA dengan kursi paling banyak adalah kedokteran hewan, yakni 83. Sedangkan prodi dari kelompok IPS yang paling banyak adalah manajemen dan akuntansi, masing-masing 105 kursi.

BACA JUGA: Kemendikbud Tetap Salurkan Dana Bansos Rp 50 Triliun

Syahrani menambahkan, ada keringanan biaya untuk pendaftaran SBM PTN tahun ini. “Pendaftar hanya dikenai Rp 100 ribu,” terangnya.

Nominal itu berlaku baik pendaftar yang memilih kelompok IPA maupun IPS. Biaya itu juga termasuk biaya untuk ujian keterampilan. Pada pendaftaran SBM PTN tahun lalu, biaya pendaftaran Rp 175 ribu untuk lelompok ujian IPA atau IPS. Sedangkan kelompok ujian campuran ditetapkan sebesar Rp 200 ribu.

Pengurangan biaya tersebut merupakan imbas dari anggaran yang turun dari pusat untuk pelaksanaan SBM PTN. “Dianggarkan sekitar Rp 100 miliar. Baik SNM PTN maupun SBM PTN,” ucapnya. Dalam jalur penerimaan SBM PTN, total tersedia 140 ribu kursi yang tersebar dari 64 PTN di Indonesia. (kus/c10/ai)

Pendaftaran SBM PTN

  • Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN pada 2014, dan jumlah peminat program studi per PTN pada 2013 dapat dilihat di laman www.sbmptn.or.id mulai 14 Maret 2014.
  • Jadwal ujian tulis Selasa, 17 Juni 2014. Dan ujian ketrampilan pada 18-19 Juni 2014. Ujian ketrampilan untuk peminat program studi bidang ilmu seni dan keolahragaan.
  • Pendaftaran online dibuka pada 12 Mei 2014 pukul 08.00 WIB sampai 6 Juni 2014 pukul 22.00 WIB.
  • Hasil ujian akan diumumkan pada Rabu, 16 Juli 2014, mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman www.sbmptn.or.id.
  • Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta sebesar Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) termasuk biaya ujian keterampilan.

Sumber: Panitia SBM PTN

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dompet Duafa Ajari Guru Gunakan Media


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler