Kurang Promosi, Kunjungan Wisatawan ke Kalbar Stagnan

Rabu, 21 September 2011 – 11:41 WIB
PONTIANAK - Wisatawan yang datang ke Kalimantan Barat sekitar 25 ribu pertahunWakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya mengatakan belum ada peningkatan signifikan terhadap angka kunjungan wisatawan.

”Kendalanya banyak objek wisata sulit dijangkau

BACA JUGA: Demo Ibukota, Mobil Dinas Dibakar

Sulit jalur transportasi
Kurangnya promosi,” ujar Christiandy ketika membuka Festival Budaya Bumi Khatulistiwa X di halaman Makodam XII Tanjungpura.

Penyebab kurangnya promosi dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada

BACA JUGA: Gempa Nabire Terasa Sampai di Sorong

Kondisi pariwisata di Kalbar itu menyebabkan pihak swasta kurang tertarik untuk berinvestasi pada sektor tersebut
Christiandy mengajak semua stakeholder bersama-sama mengembangkan industri pariwisata di wilayahnya

BACA JUGA: Kena Semprit, Perusahaan Penebang Pohon Didenda Rp 192 Juta


”Perlu dukungan semua stakeholderTidak hanya pemerintah,” ungkap pria yang pernah menjadi anggota DPRD Kota Pontianak ini.

Pada tahun ini, anggaran yang diajukan untuk even pariwisata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalbar sebesar Rp1,5 miliarTetapi realisasinya hanya Rp500 juta untuk melaksanakan 15 even pariwisata sepanjang 2011

Menurut Christiandy, kekurangan anggaran sebenarnya alasan kliseTetapi kebersamaan untuk mengembangkan pariwisata memang diperlukan”Saya meminta instansi terkait tidak menganggap promosi sebagai pemborosan, karena merupakan harga yang harus dibayar,” katanya.

Ia menambahkan Kalbar memiliki potensi unik yang bisa dikembangkan dalam sektor pariwisataSemua etnis ada di KalbarBanyaknya etnis secara otomatis juga banyak budaya”Budaya itu merupakan anguerah,” ujarnya.

Christiandy berterima kasih kepada pihak swasta yang membantu mempromosikan potensi wisata di KalbarSalah satunya Garuda IndonesiaIa menuturkan ketika menggunakan pesawat tersebut tujuan Singapura, ada video yang ditampilkan untuk penumpang

”Saya gembiraKarena yang pertama ditampilkan adalah wisata di Singkawang, baru diikuti kota lain di IndonesiaIni membuktikan bahwa wisata kita juga bisa menarik perhatian,” katanya. (uni)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kepala BKD Akui Ada Pengalihan Penempatan CPNS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler