Langgar Janji, Pasokan Avtur Enam Rute Merpati Disetop

Selasa, 22 Oktober 2013 – 20:04 WIB

jpnn.com - JAKARTA - PT Pertamina telah menghentikan pasokan avtur (bahan bakar pesawat) ke PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) ke enam rute penerbangan. Penghentian pasokan ini karena Merpati dianggap melanggar janji.

"Yang sudah distop (pasokan avtur-red) itu Yogya, Bandung, Semarang, Palembang, Lampung dan ditambah tadi malam satu rute juga distop," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir pada JPNN, Selasa (22/10).

BACA JUGA: Bakrie Cicil Utang ke CIC

Ali menjelaskan pasokan avtur dihentikan Pertamina sesuai dengan perjanjian dengan Merpati sebelumnya. Bahwa utang penerbangan pelat merah itu tak boleh lebih di atas Rp 100 miliar.

"Sesuai komitmen dengan Merpati, mereka akan menjaga hutang current kurang dari Rp 100 miliar, tapi tidak bisa terlaksana sampai batas waktu yang kami tentukan, maka akhirnya beberapa lokasi pasokan avtur distop," tegasnya.

BACA JUGA: Terangkat Sektor Konsumsi

Dengan kata lain utang Merpati kini sudah lebih dari Rp 100 miliar. "Utangnya sudah sekitar Rp 119 miliar," pungkas Ali.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan mengancam akan menghentikan pasokan avtur jika utang PT Merpati tak juga berkurang jumlahnya, dan akhir bulan September kemarin merupakan batas terakhir perjanjian kesepakatan soal utang.

BACA JUGA: Jumlah Warga AS Melancong ke Bali Makin Tinggi

"Kami telah sepakat bahwa utang avtur Merpati tak boleh lebih dari Rp 100 miliar. Jika utang masih di atas Rp 100 miliar akhir bulan September maka Pertamina akan memberhentikan pasokan avtur," tutur Karen di Jakarta, Jumat (13/9). (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bumiputera Luncurkan Produk Baru untuk Masyarakat Bawah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler