Lapas Martapura Over Kapasitas

Jumat, 11 November 2011 – 19:12 WIB

JAKARTA -- Daya tampung Lembaga Pemasyarakatan Martapura, Kalimantan Selatan, sudah melebihi kapasitas (over capacity)Tata kelola Lapas Martapura juga perlu diperbaiki.

"Saya lihat tata kelola Lapas perlu diperbaiki

BACA JUGA: Kemendagri Siap Tampung Pegawai Papua-Papua Barat

Memang sudah tidak kita temukan sel mewah ala Ayin (Artalita Suryani, red) namun jumlah penghuni lapas sudah melampaui kapasitas yang ditentukan," kata Anggota Komisi III DPR RI, Aboebakar Alhabsy kepada wartawan, Jumat (11/11).

Bayangkan saja, kata dia, kapasitas standar Lapas Martapura yang seharusnya hanya cukup untuk 183 orang, namun pada kenyataannya dihuni  698 orang
Untuk blok wanita, seharusnya hanya dihuni  60 orang, namun ternyata harus menampung 133 orang napi perempuan

BACA JUGA: Sehari, Ratusan Pelanggan PLN Diputus



Demikian pula untuk blok anak-anak yang seharusnya hanya berkapasitas 30 orang, tapi digunakan menampung 66 napi anak
"Lapas ini sudah over kapasitas, tak layak lagi untuk menjamin pelayanan pemasyarakatan," ungkap politisi asal Kalsel, itu.

"Lantas bagaimana mereka bisa tidur dengan wajar, bila satu kamar yang selayaknya hanya diisi oleh lima atau enam orang harus menampung sembilan sampai 12 narapidana," kata Aboe.

Pria berkacamata itu menegaskan, lapas adalah lembaga recovery

BACA JUGA: Astaga, Kematian Bayi Terus Meningkat

Jadi, menurut dia, aspek kewajaran dan kesehatan harus sangat diperhatikan"Jangan sampai ada perlakuan tak manusiawi kepada para penghuni lapas," tegasnya mengingatkan

Dia  mengapresiasi para petugas Lapas Martapura yang secara terbuka menerima dan memberikan penjelasan secara riil"Saya bisa pahami bahwa persoalan over kapasitas adalah di luar kewenangan merekaKita berharap Dirjen Pemasyarakatan akan segera mencari solusi untuk persoalan iniSaya melihat persoalan tata kelola lapas masih menjadi persoalan utama bagi menteri dan wakil menteri yang baruBila dulu pak Deni banyak memberikan kritik kepada pak patrialis mengenai hal ini, kini saatnya beliau buktikan mampu menangapi persoalan ini," ungkapnya(boy/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Cemari Sungai, Warga Laporkan Perusahaan Tambang Batubara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler