Lebih Dekat dengan Feng Shui Anggrek

Senin, 31 Mei 2010 – 10:39 WIB
Anggrek, lambang cinta abadiKiasan tersebut tak terlalu berlebihan

BACA JUGA: Wanita Hamil Disarankan Sering Makan Seafood

Seperti itulah yang diungkapkan sejumlah pencinta tanaman hias tersebut
Seperti apa?

Ari Sisworo, Medan

Sebagai tanaman hias, anggrek telah lama menjadi penghias beranda, bahkan ruangan

BACA JUGA: Jangan Terjebak Diet, Untuk Tetap Langsing

Aneka jenis dan warnanya telah banyak dikenal
Di Medan sendiri tak Cuma anggrek lokal, beberapa jenis impor juga telah dikenal luas.

Bunga ini tak hanya mengumbar keindahan, banyak fungsi lain yang menjadikan alas an bagi orang yang memeliharanya

BACA JUGA: Penyakit Gondok Bisa Sebabkan Kemandulan

Di antaranya sebagai obat stressDengarkanlah celoteh Ismed, seorang penghobi dan sekaligus penjual anggrek yang telah menekuni profesinya lebih kurang selama 10 tahun Dia menjelaskan, warna-warna anggrek memiliki daya stimulus yang bisa langsung mempengaruhi otak manusia.

Stimulus itu ada ketika seseorang merasa jenuh, bosan dan sebagainyaSecara perlahan hilang saat orang tersebut melihat, memandang dan melakukan ’komunikasi’ intuitif dengan anggrek yang dipandangnya.

"Cobalah perhatikan orang-orang yang tengah menyiram bunga, terkadang mulutnya berkomat-kamit, tanpa tahu apa yang dikatakannyaItu sebenarnya sebuah bentuk komunikasi tidak langsung antara dirinya dengan bunga yang disiramnyauntuk anggrek yang memiliki ragam warna yang beraneka, tanpa disadari orang yang menyiram atau melihat anggrek tersebut di dalam hatinya akan berkata betapa cantiknya anggrek iniItulah bentuk komunikasi tidak langsung tersebutBerbicara dengan bunga itu bukanlah gila," ungkap pemilik toko tanaman hias di Jalan H Adam Malik ini.

Pemilik Anggi Florist ini menambahkan, dari sisi Fengshui anggrek merupakan sebuah kesetaraan antara air dan udara yang memberikan nuansa sejukBaik secara langsung atau tidak, energi tersebut akan mengalir kepada orang yang memelihara bunga anggrek tersebut.

"Air dan udara atau dalam bahasa Fengshuinya adalah harmonisasi alam atau kehidupan membuat hidup semakin energik dan dinamikYang pasti orang tersebut akan mencintai seni karena anggrek ini adalah bunga yang sangat artistik jika dibandingkan dengan bunga-bunga lainnya," tegasnya.

Menurutnya, sesuai dengan Fengshui anggrek yang mengandung unsur Yin-Yang (air-udara, red) yang memiliki harmonisasi alam, maka dianjurkan bagi para pejabat yang sudah tidak bekerja lagi alias pensiunan untuk memelihara bunga tersebutKarena biasanya para pensiunan tersebut rentan dengan penyakit stres.

Kandungan energi positif tersebut, tercantum di semua jenis bunga anggrek seperti, Dendrobium, Vanda, Cattleya, Oncidium, Granathophylum, Phalaenopsis (angrek bulan) dan sebagainya.
"Jumlah spesies anggrek di dunia ini berjumlah 38.783 jenis, sementara di Indonesia ada sebanyak 6.000 jenisUntuk jenis Phalaenopsis atau angrek bulan, memiliki corak warna yang abstrakPersis dengan lukisan dari pelukis terkenal Indonesia yang bersifat abstrak yakni (alm) Affandi," ujar Ismet lagi.

Karena memiliki multifungsi, pantaslah jika anggrek terus untuk dibudidayakanPembudidayaan anggrek pun bukan harus orang-orang yang berkecimpung dalam bisnis jual beli anggrek sajaTapi, masyarakat biasa juga bisa.

Menurut Adi, salah seorang perajin dan perawat anggrek, bagi pecinta anggrek pemula dianjurkan agar terus merawat bunga anggrek yang dimiliki dengan perawatan yang teraturCara sederhana bagi pecinta anggrek pemula adalah, harus diberi air cucian berasSebelum disiramkan atau disemprotkan ke anggrek, air cucian tersebut lebih baik diendapkan dulu selama semalam, setelah itu bisa disiramkanSelain itu, pergunakanlah penyedap rasa untuk memberi kesuburan pada anggrek tersebut.

"Air cucian beras itu, sebaiknya diberikan sekali dalam semingguUntuk penyedap rasa masakan lebih baik menggunakan Aji No Moto, daripada penyedap rasa rasa lainnyaKarena, kandungan monosodium dalam Aji No Moto lebih banyak ketimbang penyedap rasa lainnya," beber Adi.

Untuk penempatan bunga anggrek disesuaikan dengan ruang lingkup pemeliharaannyaTapi, pada prinsipnya anggrek akan lebih baik jika diletakkan di ruangan bercuaca sedang"Untuk menanam anggrek tergantung dengan media tanamnya, jika dengan tandiang (tempat tumbuh anggrek, red), maka bentuk bunga anggrek akan menjulur ke atasJika dengan pot yang digantung, maka bunga yang akan dihasilkan akan menjuntai ke bawah

Tapi itu, tergantung jenis bunganya sendiriAda yang memang menjuntai ke atas, dan ada pula yang menjulur ke bawahUntuk letak bunga anggrek di rumah, bisa di dalam atau diluar rumah, yang penting sejukNah, jika di dalam ruangan lebih baik pakai tandiang, kalau di luar baiknya pakai pot," jelas Adi yang mengaku akan mempatenkan pupuk khusus anggrek buatannya yang diberi nama AdiGrow tersebut.(**)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Viagra Dapat Sebabkan Gangguan Pendengaran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler