Lepas CJH Kloter 20, Zumi Zola: Semoga Jadi Haji Mabrur

Sabtu, 19 Agustus 2017 – 13:36 WIB
Gubernur Jambi Zumi Zola. Foto: jambiekspres/jpg

jpnn.com, JAMBI - Kelompok Terbang (Kloter) 20 asal Kota Jambi menjadi Calon Jemaah Haji (CJH) Jambi pertama yang diberangkatkan ke Tanah Suci, Jumat (18/8).

Sebanyak 450 CJH termasuk para petugas haji dilepas Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli sekitar pukul 18.25 Wib.

BACA JUGA: Pemancing Terdampar 4 Hari di Pulau Celeng

Para Tamu Allah itu menggunakan 3 pesawat Sriwijaya Air ke bandara Hang Nadim, Batam. Selanjutnya, sekitar pukul 00.20 Wib (19/8) langsung menuju Tanah Suci Mekkah dengan Saudi Arabia Airline.

Gubernur Zola meminta kepada para petugas untuk memberikan pelayan ekstra kepada para CJH yang diberangkatkan tahun ini, mengingat cuaca di Arab Saudi kurang bersahabat.

BACA JUGA: Gedung Rektorat Unimal Ludes Terbakar, Layanan Akademik Tetap Berjalan Normal

Selain itu, dia mengimbau para CJH untuk melaksanakan ibadah seperlunya.

Dia melanjutkan, menjalankan ibadah haji berbeda dengan menjalankan ibadah lainnya. Dan ini merupakan momen yang ditunggu.

BACA JUGA: Tak Terima Dipecat, Mantan Karyawan Nekat Bakar Gedung Unimal

‘’Semoga CJH yang berangkat tahun ini menjadi Haji yang Mabrur,’’ harapnya seperti dilansir Jambi Ekspres (Jawa Pos Group) hari ini.

"Perbanyak ibadah dan lakukan dengan khusuk," tambahnya.

Selain itu, Zola berpesan kepada CJH untuk menjaga pola makan, perbanyak minum dan cukup istirahat.Panasnya cuaca di Arab Saudi CJH dinggatkan untuk tidak lupa membawa masker.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi M Taher mengatakan, tahun ini 60 persen didominasi dengan CJH lansia, dan persiapan secara menyeluruh telah dilakukan PPIH.

“Jadwal sudah disusun da telah menyesuaiakan dengan penerbangan di bandara Hang Nadim,” katanya.

Dia menjelaskan, diperkirakan untuk transit di bandara Hang Nadim sekitar 4 jam menunggu. Disana telah apada PPIH yang besiap dan CJH akan menadapatkan pelayanan beruma makanan dan minuman selama masa transit unutk keberangakatan.

Lanjutnya, berdsarkan usia berikut rincian data CJH yang diberangaktkan. Usia dibawah 40 tahun sebanyak 215 CJH. Selanjutnya usia 40-50 sebanyak 671 orang, kemudian usia 50-60 sebanyak 1125 orang. Setelah itu usia 60-70 sebanyak 721 orang dan usia diatas 70 sebanyak 168 orang.

Sebaran CJH diatas 60 Th, atau CJH resiko tinggi paling banyak berasal dari kota Jambi berjumlah 207 orang, disusul dengan Kabupaten Merangin sebanyak 148 orang. Kemudian Kabupaten Tanjab Barat sebanyak 116 orang. (Selengkapnya lihat grafis).

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham di Jambi Bambang Palsara mengatakan, untuk kepengurusan paspor telah selesai secara menyeluruh. Baik 23 CJH pengganti yang baru diajukan beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan unutk pelayanan haji kali ini merupakan pelayan khusus yakni petuas Imigrasi Batam didatangkan untuk menyesaikan adminitrasi di Jambi.

“Kita Jemput bola, jadi CJH disana tidak lagi menunggu pemeriksaan imigrasi,” katanya.

Sedangkan hari ini, rencananya kloter 21 dari Kota Jambi, Batanghari dan Tanjabtim akan diberangkatkan ke Batam. (nur)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bawaslu Coret Nama Mahfud Lantaran Terbukti Terlibat Parpol


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler