Lewat Uplift Challenge 15:09, ASICS Ajak Masyarakat Rasakan Manfaatnya Langsung

Minggu, 17 April 2022 – 00:17 WIB
Atlet Ambassador pada ASICS State of Mind Index (SOMI). Foto dok ASICS

jpnn.com, JAKARTA - ASICS mengumumkan hasil penelitian Global State of Mind Index (SOMI) perdananya, yang membuktikan hubungan positif langsung antara olahraga dan kesehatan mental.

SOMI Merupakan studi global pertama yang melacak kondisi mental 37.000 orang dari 16 negara di seluruh dunia, pada studi ini menemukan orang yang paling banyak bergerak memiliki State of Mind Index yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Berhubungan Intim Disaksikan Orang Lain? Simak Hukumnya

Individu yang aktif bergerak memiliki skor State of Mind Index rata-rata 68/100, dibandingkan dengan 56/100 untuk mereka yang tidak aktif.

Studi ini juga mengamati perbedaan dramatis dalam aktivitas fisik antar generasi dengan generasi yang lebih tua (mereka yang berusia 57+) bergerak rata-rata selama hampir satu jam (53 menit) lebih banyak daripada Gen Z seminggu.

BACA JUGA: Ingin Tetap Bugar Saat Menjalankan Ibadah Puasa, Lakukan 4 Jenis Olahraga Ringan Ini

Hasilnya 54% dari populasi lansia global merasakan manfaat yang positif dan menggembirakan, tercatat State of Mind Index mereka rata-rata 67/100.

Sebaliknya, hanya 45% dari populasi Gen Z global (berusia 18-24) yang saat ini bergerak aktif dan sebagai hasilnya, memiliki State of Mind Index rata-rata yang jauh lebih rendah daripada rekan-rekan mereka yang lebih tua yaitu 59/100.

BACA JUGA: Melihat Kemaluan Pasangan Saat Berhubungan Badan, Bisa Menyebabkan Kebutaan? Simak Hukumnya

Menariknya, studi ini juga menemukan bahwa populasi global menganggap 30 menit sebagai jumlah waktu minimum latihan yang diperlukan untuk merasakan dampak bergerak yang membangkitkan semangat.

Sedangkan penelitian ASICS membuktikan hanya dalam waktu 15 menit dan 9 detik bergerak yang diperlukan untuk mulai merasa efek meningkatkan perasaan dan suasana hati.

“Ada persepsi umum bahwa Anda perlu bergerak dalam waktu lama untuk merasakan manfaat yang membangkitkan semangat. Namun, penelitian baru kami membuktikan, hanya lebih dari 15 menit gerakan yang diperlukan untuk dampak positif. Kami berharap ini akan menginspirasi banyak orang," ungkap Dr Brendon Stubbs, Peneliti Olahraga dan Kesehatan Mental, King's College London.

Terinspirasi dari 15:09 tersebut, kini ASICS bertekad membuat dunia bergerak dengan meluncurkan “15:09 Uplift Challenge” pada pukul 15:09, yang akan perdana dimulai oleh Brand Ambassador Uplift pada pukul 15:09.

Ini juga merupakan bentuk perayaan kepada generasi yang lebih tua dalam melakukan gerakan dan latihan, seperti yang diungkapkan oleh hasil penelitian State of Mind Index. 

“Hasil SOMI kami membuktikan betapa hubungan gerakan teratur dan kesehatan mental yang positif," ujar Tomoko Koda, Managing Executive Officer, Senior General Manager and Marketing, ASICS.

"Tantangan 15:09, kami mengajak semua orang untuk bergerak dan dengan melakukan itu merasakan manfaat yang sangat penting itu secara langsung. Kami senang bahwa ASICS 15:09 Uplift Ambassadors baru kami yang menginspirasi akan bergabung dengan kami untuk mengambil bagian dan berbagi tantangan ini juga," imbuh Tomoko Koda.

ASICS juga mengajak semua orang untuk terlibat dengan mengambil bagian dalam tantangan 15:09 mereka sendiri sepanjang Juni.

Caranya dengan bergerak selama 15:09 menit dan berbagi bagaimana mereka merasakan manfaatnya dengan menggunakan hashtag #LiveUplifted.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pakai Sepatu ASICS GEL-NIMBUS 24, Lari Makin Nyaman dan Enteng


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler