Liga Pekerja Indonesia Ajang Meningkatkan Keharmonisan

Senin, 05 Februari 2018 – 13:55 WIB
Liga Pekerja Indonesia (LPI) Zona Provinsi Jambi di Jambi Selatan bergulir mulai Minggu (4/1). Foto: Kemenaker

jpnn.com, JAMBI - Tendangan pertama Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan  Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan

Hayani Rumondang dalam laga pembuka PTPN VI melawan Autimall menandai bergulirnya Liga Pekerja Indonesia (LPI) Zona Provinsi Jambi  di Jambi Selatan, Minggu (4/1)

BACA JUGA: Permudah Izin TKA demi Genjot Investasi dan Lapangan Kerja

Sembilan klub yang terbagi dalam dua grup mengikuti LPI zona Jambi berlaga di lapangan sepak bola Persijam, Kelurahan Wijayapura, Kecamatan Jambi Selatan, 14-18 Februari.

Grup A berisi empat klub yaitu PT WKS, PT LPPI, PT Petro China, dan PT Trimitra Lestari.

BACA JUGA: Kemnaker dan KPAI Sinergi Optimalkan Pengawasan Pekerja Anak

Sementara itu, lima tim penghuni di grup B adalah PT Agung Autimall, PTPN VI, PT SAL, PDAM Tirta Batanghari dan PLN Jambi.

Haiyani yang mewakili Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengatakan, LPI merupakan bagian upaya meningkatkan produktivitas pekerja dan perusahaan serta sebagai sarana menumbuhkan hubungan industrial yang harmonis dan kondusif.

BACA JUGA: Pemda Diminta Segera Kembangkan Pelatihan Vokasi

“LPI dapat menciptakan hubungan yang realistis, lebih manusiawi, terintegrasi, kekeluargaan dan sportivitas, khususnya bagi pekerja yang mayoritas menggemari olahraga sepak bola, “ kata Haiyani.

Haiyani menambahkan, LPI merupakan kegiatan yang patut dicontoh oleh para pemangku kepentingan dalam merayakan May Day.

Sesuai pesan Menteri Hanif, peringatan May Day tidak hanya dengan unjuk rasa dalam menyuarakan aspirasi pekerja/buruh, akan tetapi membuat suatu gerakan yang bermanfaat bagi masyarakat luas yang dilaksanakan dengan hati yang gembira.

“Penyelenggaraan LPI merupakan momentum tepat dalam menyambut May Day 2018 dengan menjadikan May Day sebagai hari yang menyenangkan bagi semua unsur baik SP/SB, pengusaha dan pemerintah. Dengan demikian, May Day dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijadikan momen kebersamaan bagi para pekerja/buruh, “ kata Haiyani.

Di sisi lain, Wagub Jambi Fachrori Umar mengatakan Pemprov Jambi memberikan apresiasi dan menyambut positif penyelenggaraan LPI.

Menurut dia, event itu bukan hanya wahana untuk membangkitkan kebersamaan antarpekerja dan meningkatkan hubungan industrial, tapi juga melahirkan atlet sepak bola di Jambi.

Babak penyisihan LPI digelar di 34 provinsi dan diikuti maksimal 16 tim.

Tim juara akan berlaga di  delapan zona regional. Tim juara dari zona regional akan bertanding di babak delapan besar nasional yang selanjutnya ke babak semi-final dan babak final di Jakarta.

Partai  final akan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2018.

Juara LPI, selain mendapatkan piala bergilir presiden, juga berhak mengantongi uang pembinaan.

Penghuni posisi posisi 2-4 juga akan mendapat penghargaan. Begitu juga dengan top scorer, best player, dan best goalkeeper.

LPI diawali di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (17/12). Event itu dilanjutkan di Kepulauan Riau, Sumut, dan Bangka Belitung dengan  melibatkan tim dari unsur pekerja dan pengusaha dan diikuti 544 tim dari seluruh Indonesia.

LPI di Jambi diselenggarakan atas prakarsa Kemnaker bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asosiasi Pengusaha (APINDO), Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Provinsi Jambi. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemnaker Dorong Perjanjian Kerja Bersama Pekerja & Pengusaha


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler