Lonjakan Penumpang Capai 30 Persen

Sabtu, 03 Agustus 2013 – 03:04 WIB
Penumpang sudah mulai padat di Pelabuhan Domestik Sekupang dari jam 03.00 WIB subuh untuk mudik ke kampung halaman masing-masing untuk berlebaran, Jumat (2/8). F Dalil Harahap/Batam Pos/JPNN

jpnn.com - MAKASSAR -- Upaya pemerintah mewujudkan proses mudik lancar di Sulsel terus ditingkatkan. Terlebih, hasil peninjauan langsung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo bersama Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin siang kemarin menyebut lonjakan penumpang saat ini naik dua kali lipat mencapai 30 persen.

"Tadi kami sudah cek lonjakan penumpang bersama wali kota Makassar itu, Pak Ilham Arief Sirajuddin. Tahun ini peningkatan mudik mencapai 30 persen," kata Syahrul yang dikonfirmasi usai menghadiri rapat paripurna pengesahan Perda APBD Sulsel 2012, Jumat (2/8).

BACA JUGA: Belum Memungkinkan Makassar Punya Busway

Dia menyampaikan khusus untuk jalur darat itu, sebelumnya disiapkan sekira 500-an penambahan armada, namun tahun ini jumlah yang disiapkan akan jauh lebih besar dengan lonjakan penumpang cukup tinggi.

Di jalur udara juga pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai dan mengetahui tiga di antaranya sudah menyiapkan penerbangan tambahan. Syahrul menyebut maskapai Lion Air di antaranya yang menambah hingga 19 penerbangan dari dan tujuan Makassar.

BACA JUGA: Proyek Busway di Makassar Mandek

Syahrul juga menyampaikan, untuk kali pertama, Pemprov Sulsel menggandeng pihak terkait melakukan tes narkoba pada sopir kendaraan umum saat mudik mendatang. Pihaknya menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) dan Pemkot Makassar mengantisipasi penggunaan narkoba oleh sopir angkutan.

Termasuk melakukan tes urine, tes kesehatan, tes hipertensi dan lainnya di terminal angkutan di Sulsel, pelabuhan dan titik-titik terterntu. "Tahun ini terpikir kita lakukan. Wali kota bertanggung jawab menggerakkan Puskesmas merapat ke titik-titik itu nanti," katanya. Soal tes narkoba untuk sopir ini sebelumnya sudah disampaikan Kepala BNNP Sulsel, Richard M Nainggolan.

BACA JUGA: Terminal Masih Sepi

Pihaknya siap menurunkan sekira 40 personel menyatu dengan jajaran Diskes maupun kepolisian dalam operasi ketupat 2013, guna mendukung perjalanan mudik yang nyaman, lancar, dan terbebas dari penggunaan narkoba. (nur/sil)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemudik Dipaksa Ramaikan Terminal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler