Macet Pindah ke Limbangan

Sabtu, 20 Agustus 2011 – 04:23 WIB
Sebuah titik kemacetan. Foto: Dok.JPNN

TASIKMALAYA – Selama arus mudik dan balik Lebaran nanti, lalu lintas di Nagreg diprediksi akan lancarKemacetan justru akan berpindah ke Limbangan hingga Malangbong Kabupaten Garut.

“Diperkirakan ada lima titik rawan kemacetan pada arus mudik nanti di kawasan Limbangan dan Malangbong

BACA JUGA: Syamsul Tak Bisa Balik Lagi jadi Gubernur

Kemacetan memang berpindah ke Garut akibat dibukanya jalur Lingkar Nagreg,” jelas Kapolres Garut AKBP Yayat Ruhiyat Hidayat seperti diberitakan Radar Tasikmalaya (grup JPNN).

Kapolres mengungkapkan kemacetan di lima titik tersebut terjadi karena ada ruas jalan yang menyempit (bottle neck) terutama di Pasar Limbangan dan pertigaan menuju Leuwigoong
Keberadaan delman juga menghambat laju kendaraan lain.

Sementara di Malangbong, titik kemacetan diperkirakan akan terjadi di kawasan Pasar Lewo

BACA JUGA: DPRD Ancam Interpelasi, Gatot Didesak Anulir Mutasi

Di sana masih ada aktivitas pasar tumpah
Kemacetan juga bisa terjadi di pertigaan Malangbong-Wado (Sumedang).

Di jalur Kadungora-Leles-Garut dari arah Nagreg, menurut dia, titik kemacetan ada di Pasar Leles

BACA JUGA: Hadapi Lebaran, Gaji PNS Dibayar Lebih Awal

Juga di pintu perlintasan kereta api KadungoraFrekuensi kereta api yang melintas dalam satu hari mencapai 32 kali sehari.

Ada juga pintu perlintasan kereta api di Kampung Bangbayang Desa Karangmulya Kecamatan KadungoraPintu perlintasan ini ada di jalur alternatif menuju Cijapati“Saya juga minta kepada pihak yang berwenang untuk segera memasang pintu perlintasan kereta di kawasan Bangbayang,” terang dia.

Terkait jalur alternatif Cijapati pada arus mudik dan balik Lebaran, menurut dia, jalur tersebut dikenal berbahaya dan untuk sementara tidak direkomendasikan digunakan oleh para pemudik.

Polres akan melihat kondisi terlebih dahulu apabila akan mengarahkan pemudik melintasi jalur tersebutJika memang harus dibuka, maka hanya mobil kecil dengan kondisi mesin yang bagus yang dapat melintasi jalur tersebut.

“Hanya mobil kecil dengan kondisi bagus yang kita perbolehkan lewat di jalur alternatif tersebut, terutama pada arus balik karena jalannya menanjakJika arus mudik relatif ringan karena jalan menurun,” katanya.

Kapolres memastikan jumlah kendaraan pemudik yang akan melintasi Garut akan mengalami peningkatanKarena itu, dia telah menyiapkan 831 personel untuk mengamankan mudik hingga balik LebaranJumlah tersebut setara dengan 2/3 kekuatan Polres Garut

Dalam tugas mengamankan jalur mudik dan balik nanti, polisi akan dibantu berbagai elemen lain seperti TNI dan aparat Pemerintah Kabupaten Garut(ari)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jelang Lebaran, Malang Krisis Air Bersih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler