Majikan Harus Jamin TKI Bisa Berkomunikasi

Selasa, 18 Januari 2011 – 21:52 WIB

JAKARTA—Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menyatakan, para majikan di Arab Saudi yang akan merekrut tenaga kerja Indonesia (TKI) harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para majikan tersebut antara lain harus memiliki kapasitas gaji yang baik dan menjamin hak komunikasi TKI dengan dunia luar, melalui telepon dan alat komunikasi lainnya“Syarat itu harus sangat ditaati dan dipenuhi oleh para majikan

BACA JUGA: Disiapkan Pesawat Khusus Jemput TKI Telantar

Kedua hal ini adalah hal utama yang sangat penting,” jelas Muhaimin seusai rapat dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), Jakarta, Selasa (18/1).

Selain itu, lanjut Muhaimin, pihaknya juga akan mendorong pelayanan satu pintu
Menurutnya, hal ini bertujuan untuk mempermudah pengawasan pemerintah terhadap TKI yang ada di luar negeri.  Dikatakan, hal ini sudah mulai diterapkan di NTB dan Jawa Barat, serta akan dikembangkan juga di Sumatera Utara, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Kita akan dorong pelayanan satu pintu

BACA JUGA: Alot, Perumusan Pasal Iklan Rokok

Dalam hal ini, kami juga berkoordinasi dengan BNP2TKI
Layanan satu pintu ini diharapkan dapat lebih cepat dan murah sekaligus mempermudah pengawasan,” tandasnya.

Pemerintah melalui kemenakertrans juga akan terus melakukan pendekatan dengan Pemerintah Arab Saudi terutama terkait dengan mempermudah diterbitkannya "exit permit" bagi para TKI tersebut.

"Kita berharap Pemerintah Arab Saudi memberi kemudahan pemulangan karena memang setiap WNI pulang harus dapat exit permit

BACA JUGA: Arab Saudi Janji Tindak Majikan Keji

Jadi memang agak susah bagi yang tidak punya dokumenUntuk menangani masalah ini, kami segera akan melakukan pertemuan dengan Menteri Tenaga Kerja Arab Saudi di Jakarta untuk membicarakan upaya pembenahan sistem perlindungan TKI,” kata Muhaimin(cha/jpnn)



BACA ARTIKEL LAINNYA... Muhaimin Jamin Pemulangan TKI di Bawah Jembatan Kandara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler