Manajemen Kontrol Lemah, Bekerja Kalau Ada Amplop

Kamis, 08 Desember 2011 – 17:02 WIB
DEPOK - Walikota Solo, Joko Widodo mengatakan buruknya kinerja birokrasi di Indonesia disebabkan karena minimnya managemen kontrolMenurut Jokowi --begitu lelaki ini akrab disapa, hal itu yang menjadi pemicu utama timbulnya tindakan korupsi di berbagai lembaga, baik di pusat maupun daerah.

"Manajemen kontrol saat ini sangat rendah sekali

BACA JUGA: DPR: Tanpa Izin Presiden, Kepala Daerah Bisa Diperiksa

Sehingga, tidak heran jika pungutan atau suap menyuap semakin marak terjadi
Makanya banyak pejabat birokrasi yang mau bekerja kalau ada amplop,” ungkap Jokowi di dalam acara Deklarasi Nasional Birokrasi Bersih dan Melayani di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Depok, Kamis (8/12).

Jokowi mengungkapkan, saat ini di Solo, Jawa Tengah tengah berupaya untuk menghilangkan tindakan korupsi di lingkungan birokrasi pemerintah daerah

BACA JUGA: KPK Baru Diminta Respon Laporan Timwas Century

Yakni dengan menjalankan program komputerisasi dan meningkatkan manajemen control.

"Sekarang mengurus KTP di Solo hanya butuh 1 jam
Langsung jadi

BACA JUGA: Lapor di Paripurna, Timwas Century Ingin Diperpanjang

Counternya kami setting seperti di bankRapi dan tidak ada kesan tertutupSehingga masyarakat yang datang bisa menyaksikan apakah terjadi sogok menyogok atau tidakKenapa harus menunggu lama kalau ternyata bisa sebentar? Nunggu amplop? ” serunya.

Jokowi juga mengakui, setiap harinya ia hanya berada di kantor 1- 2 jam sajaSelebihnya, berkeliling dari dinas ke dinas untuk melakukan controlHal ini yang juga diyakini mampu meminimalisir tindakan korupsi.

"Tergantung niat dan komitmen pemimpinnya sajaJujur saja, saya sudah memecat 4 orang camat dan lurah dan 1 orang kepala dinas karena tidak punya komitmen menjalankan birokrasi yang bersih,” tukas Jokowi.

Maka dari itu, dengan gerakan deklarasi ini diharapkan dapat meningkatkan niatan dan komitmen pemerintah baik di pusat maupun di daerah untuk menjalankan birokrasi yang bersih“Ke depannya, kita harus optimis untuk berkomitmen melakukan perubahanSemua urusan birokrasi akan berjalan lancar kalau ada komitmen dari pimpinannya,” imbuhnya. (cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahfud : 5 Presiden tak Mampu Berantas Korupsi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler