Mandi Sauna Bisa Mengurangi Risiko Strok?

Senin, 02 Juli 2018 – 16:15 WIB
Mandi sauna. Foto: Ilustrasi/standard

jpnn.com - Mandi sauna adalah kegiatan yang aman bagi kebanyakan orang yang sehat dan bahkan orang-orang dengan masalah jantung yang stabil.

Siapa pun yang telah memanfaatkan sauna selepas berolahraga (atau tanpa latihan) tahu seberapa baik kamar kayu yang beruap itu.

BACA JUGA: Lakukan Meditasi Selama 15 Menit, Ini Manfaatnya

Sekarang, berkat penelitian baru, kita juga tahu bahwa menggunakan sauna secara teratur bisa mengurangi risiko terkena stroke secara signifikan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan sauna empat sampai tujuh kali seminggu adalah 60 persen lebih kecil untuk menderita stroke daripada mereka yang menggunakan sauna seminggu sekali.

BACA JUGA: Resep Sederhana Membuat Shake Kenari Kakao Penuh Nutrisi

"Hasil ini menarik karena kegiatan yang orang gunakan untuk relaksasi dan kesenangan juga bisa memiliki efek menguntungkan pada kesehatan vaskular Anda," kata Dr. Setor K. Kunutsor dari Universitas Bristol dan rekan penulis studi tersebut, seperti dilansir laman Sheknows, Minggu (1/7).

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini dan untuk memahami cara-cara yang sauna memengaruhi risiko stroke.

BACA JUGA: Ovulasi Ternyata Bisa Menyakitkan, Ini Penjelasannya

Penelitian observasional 15 tahun memiliki 1.628 peserta dengan usia rata-rata 63 tahun dan tidak ada riwayat stroke.

Subyek mengisi kuesioner selama periode penelitian, memberikan informasi tentang sejumlah indikator kesehatan, termasuk aktivitas fisik dan penggunaan alkohol, kolesterol dan tekanan darah mereka diukur pada awal penelitian.

Sebanyak 155 orang mengalami stroke setelah penelitian dan ketika frekuensi penggunaan sauna mereka dipertimbangkan, para peserta yang melaporkan menggunakan sauna empat hingga tujuh kali seminggu adalah 60 persen lebih kecil untuk mengalami stroke.

Para peneliti menemukan hasil yang sama bahkan ketika memperhitungkan faktor-faktor yang bisa berkontribusi terhadap risiko stroke, termasuk aktivitas fisik, merokok dan diabetes.

"Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mandi sauna bisa dikaitkan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi, demensia dan kematian akibat penyakit kardiovaskular, tetapi ini adalah studi pertama tentang penggunaan sauna dan risiko stroke," kata Kunutsor.

Sauna tampaknya memiliki efek menurunkan tekanan darah, yang bisa mendasari efek menguntungkan pada risiko strok.

Tetapi seperti kebanyakan temuan penelitian yang terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, ada beberapa keberatan.

Pertama, Kunutsor menekankan bahwa hubungan antara mengambil sauna dan menurunkan risiko strok adalah hubungan dan tidak bisa diasumsikan sebagai situasi sebab-akibat.

Kedua, temuan didasarkan pada sauna Finlandia tradisional dan karena itu tidak bisa diterapkan untuk jenis terapi panas lainnya, seperti paparan panas inframerah, ruang uap atau bak air panas.

Tentu saja, sauna bukanlah ide bagus untuk semua orang. Orang-orang yang baru-baru ini mengalami serangan jantung, orang tua dengan tekanan darah rendah dan siapa pun dengan nyeri dada atau angina yang tidak stabil harus berhati-hati dan berbicara dengan dokter mereka sebelum mengambil satu.

Tetapi bagi mereka yang bisa menikmati sauna santai, ini adalah satu lagi alasan bagus untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketahuilah, Makanan Bisa Menentukan Kapan Menopause Dimulai


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler