Marzuki Alie: Demokrat Punya Capres yang Bisa Diandalkan

Jumat, 02 Agustus 2013 – 13:55 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD) Marzuki Alie tidak sepakat jika dikatakan partainya melakukan konvensi karena tidak bisa menjadikan Anas Urbaningrum sebagai calon presiden (capres) setelah terjerat kasus korupsi. Menurutnya, konvensi dilakukan karena partai berlambang segitiga mercy itu ingin membuktikan bahwa mereka mempunyai capres yang bisa diandalkan.

"Konvensi ini justru memberi ruang demokrasi bagi kader untuk menunjukkan kesiapannya ke publik bahwa PD punya capres yang bisa diandalkan," ujar Marzuki dalam pesan singkat, Jumat (2/8).

BACA JUGA: Nazar: Sukamiskin itu Guantanamo-nya Indonesia

Ia menyatakan, kader partai selama ini lebih bersifat pasif karena menunggu perintah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang selama ini menjadi ikon PD. Padahal ketua umum PD itu sudah beberapa kali meminta para kader untuk berkampanye menjadi capres.

"Makanya ruang ini dibuka agar kader tidak ragu-ragu untuk menyatakan kesiapannya untuk menjadi presiden," ucap Ketua DPR itu.

BACA JUGA: Jangan Jadikan Mudik sebagai Bencana

Namun kata Marzuki, persoalannya di Indonesia belum lazim jika bukan seorang ketua umum (ketum) partai yang maju menjadi capres. "Biasanya ruang itu dipakai sendiri oleh ketumnya," pungkasnya.

Seperti diketahui, anggota Dewan Pembina PD Hayono Isman mengatakan, pihaknya tidak berniat untuk mengadakan konvensi penjaringan calon presiden untuk tahun 2014. Pada awalnya, mereka ingin menjadikan Anas sebagai capres.

BACA JUGA: KPK Periksa Direktur Utama Adhi Karya

"Jadi sebetulnya pada awalnya waktu itu tidak ada keinginan untuk konvensi capres. Fokusnya ke Anas. Tapi akibat Nazaruddin (mantan Bendahara Umum PD Muhammad Nazaruddin), jadinya force major konvensi," ujar Hayono.

Namun lanjut dia, setelah Anas masuk dalam kisaran korupsi Hambalang, partai yang dipimpin SBY tersebut kehilangan sosok yang diunggulkan untuk menggantikan sosok SBY. "Apalagi Pak SBY sudah mau lengser," ucap Hayono. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sidomuncul Berangkatkan 20 Ribu Pedagang Jamu Mudik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler