Mas AHY Setuju Banget G 30 S/PKI Diputar Lagi, Nih Alasannya

Kamis, 21 September 2017 – 16:42 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono mengaku setuju dengan ide tentang pemutaran ulang film Pengkhianatan G 30 S/PKI. Putra sulung Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu berpendapat bahwa film berlatar sejarah tentang tragedi 1965 itu masih relevan.

AHY -inisial beken untuk Agus- mengatakan, pemutaran ulang film G 30 S/PKI merupakan pengingat kepada masyarakat tentang sejarah kelam yang pernah terjadi di Indonesia. Bekas tentara dengan pangkat terakhir mayor itu juga mengatakan, pemutaran film karya Arifin C Noer itu juga untuk pengingat agar peristiwa 1965 tak berulang.

BACA JUGA: Video Genjer-genjer Marak, Kominfo Tak Akan Bertindak

"Sampai saat ini bangsa kita tidak bisa menerima kehadiran paham komunis," kata AHY seperti dilansir laman berita RMOL.

Namun, Agus juga mengatakan bahwa pencerahan-pencerahan tentang fakta yang berdasar sejarah seharusnya dilakukan terus-menerus. Dengan demikian, setiap generasi Indonesia akan terbuka mengakui penggalan sejarah kelam bangsa sendiri.

BACA JUGA: Habib Rizieq Serukan Ajakan Siap-siap Ganyang PKI

"Karena sejarah bangsa kita ada yang baik ada juga yang kelam. Peristiwa 1965 merupakan penggalan gelap sejarah bangsa kita, tetapi tidak boleh kita anggap itu tidak ada," tegasnya.

Bagi keluarga SBY, ada sosok penting dalam film G 30 S/PKI. Di film itu ada tokoh Sarwo Edhie Wibowo yang memimpin RPKAD saat menyerbu RRI dan Lanud Halim Perdana Kusuma dari genggaman PKI.(rmo/jpg)

BACA JUGA: Sepertinya Jokowi Punya Agenda Sendiri soal Film G 30 S/PKI

BACA ARTIKEL LAINNYA... Curiga Isu PKI Sengaja Digoreng Setelah Ahok Dibui


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler