Masker Tepat, Wajah cerah

Minggu, 16 Maret 2014 – 01:54 WIB

jpnn.com - KULIT yang sehat dan berseri merupakan impian seluruh perempuan. Berbagai cara dilakukan untuk mendapat perawatan optimal. Salah satunya dengan masker.

“Bila wajah terlihat lelah dan kusam saat dituntut tampil cantik dan fresh, masker bisa menjadi pilihan. Make-up akan lebih menyatu dengan kulit dan wajah yang fresh,” ujar Natasha Machda Kirana dari Rumah Cantik Muslimah Surabaya, Jumat (14/3).

BACA JUGA: Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker

Dalam penggunaan masker, hasil optimal akan diperoleh jika bahan masker disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk hal itu, Natasha berbagi tip dalam memilih berbagai jenis dan bahan masker.

Untuk bahan masker, bisa dipilih bahan yang berasal dari buah-buahan atau madu. Masker berbahan herbal dan rempah-rempah juga semakin banyak digemari. Pemilihan bahan masker tersebut akan menentukan tingkat penyerapan dan khasiat yang dihasilkan.

BACA JUGA: Terlalu Sibuk dan Gaya Makan Tidak Sehat Bikin Wanita Makin pendek

Untuk memilih jenis masker, sesuaikan dengan jenis kulit. Misalnya, masker bubuk yang berupa serbuk masker yang kental dan memiliki kerapatan yang tinggi. Masker jenis itu tidak cocok untuk kulit sensitif atau gampang mengalami iritasi karena akan semakin memperburuk kondisi kulit. Masker bubuk lebih cocok digunakan untuk kulit normal.

Masker yang berbentuk gel, lanjut Natasha, bersifat kenyal dan dingin dengan kandungan air yang tinggi sehingga sangat baik untuk kulit berminyak. Tapi, jenis masker itu sangat tidak disarankan untuk kulit yang iritasi. Sebab, tekstur gel yang lengket akan membuat bagian yang teriritasi terkelupas dan semakin parah.

BACA JUGA: Salah Bra, Punggung Bisa Nyeri

Tissue mask atau masker tisu berupa lembaran tisu basah yang menutup seluruh wajah, memberikan efek lembap dan dingin karena penyimpanan di lemari es. Masker tipe itu sangat baik untuk mengecilkan pori-pori dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit, terutama kulit yang sensitif atau iritasi.

Yang terakhir adalah cream masker. Yaitu, gabungan untuk perawatan tertentu yang menggunakan pemijatan pada wajah. Misalnya, facial. Dengan tekstur lembut dan lembap, masker jenis itu sangat baik untuk semua jenis kulit. Lama pemakaian masker 15-20 menit, bergantung jenis kulit. Bila kulit berjenis kering, masker juga akan cepat kering. Bila kulit berminyak, pemakaian akan memakan waktu lebih lama.

“Pemakaian masker biasanya 1-2 kali seminggu atau sesuai dengan kebutuhan dan problem kulit. Tujuan utama penggunaan masker adalah untuk mengencangkan, mengecilkan pori-pori, melembapkan, dan mencerahkan wajah agar tidak kusam,” jelas Natasha.(rim/c5/dos)

Masker Sesuai Kebutuhan

1. Masker avokad, madu, susu
Memiliki manfaat mengencangkan kulit, menghilangkan keriput atau kerut pada wajah. Cocok untuk semua jenis kulit.

2. Apel, kentang, bengkuang
Melembutkan dan mencerahkan kulit. Cocok untuk jenis kulit kering.

3. Stroberi, pepaya, tomat
Meremajakan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, dan mampu mengatasi jerawat.

4. Putih telur
Membantu menetralkan kulit yang iritasi atau meradang. Cocok untuk merilekskan kulit.

5. Rumput Laut
Baik untuk semua jenis kulit karena mengeluarkan toksin-toksin pada kulit wajah dan mengencangkan kulit.

6. Herbal atau Rempah-Rempah
Perpaduan rempah-rempah alami tanpa bahan kimia untuk semua jenis kulit. Memiliki fungsi lengkap seperti mengencangkan, melembapkan, menghilangkan noda hitam atau flek serta mencerahkan.

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... HPV DNA Tes Metode Baru Deteksi Kanker Serviks


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler