Massa Aksi Bela Islam III Sumbar Menuju Jakarta

Rabu, 30 November 2016 – 11:10 WIB
Aksi Bela Islam II. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - PADANG — Sebanyak empat unit bus rombongan massa aksi bela Islam III dilepas pembina Forum Masyarakat Minang Kabau (FMM) disaksikan Kasat lantas Polresta Padang.

Pantauan Padang Ekspres di lokasi pelepasan di Masjid Babussalam Jalan Sumatera Ulakkarang Padang itu, sejumlah massa aksi berkumpul di halaman masjid sembari doa bersama.

BACA JUGA: Terminal Angkot Makin Terpuruk, Penumpang Ogah Datang

Masa aksi yang sebagian besar merupakan kalangan muda itu dikoordinatori ketua kelompok, yang terhimpun kepada ketua Perjalanan, ketua bus dan Korlap Padang. 

Sejumlah masyarakat setempat ikut serta menyaksikan keberangkatan rombongan yang di kawal kepolisian tersebut.

BACA JUGA: UWTO Permukiman Diusulkan Menggunakan Tarif Lama

“Memang sesuai rencana kemarin kita akan berangkat pada pagi ini, semoga saja selamat hingga sampai ditujuan,” ujar Irfianda Abidin, wakil FMM kepada Padang Ekspres.

Diakuinya, rombangan yang keberangkatan ke Jakarata sudah banyak yang melakukan keberangkatan secara sendiri maupun secara kelompok.

BACA JUGA: Astaga! Nenek 91 Tahun Tercebur di Sumur

“Memang sudah banyak yang berangkat, dan hari ini ada 153 orang yang diberangkatkan secara resmi, namun sesuai data yang telah kita himpun sudah ada sekitar 14 Ribu rombongan Bela Islam III yang telah mendaftarkan diri, dan sudah ada 5 ribu yang sampai di Jakarta,” ucapnya.

Pihaknya menyesalkan adanya intimidasi terhadap para donatur, masa yang akan berangkat dan pemilik angkutan umum yang digunakan untuk keberangkatan.

“Ini sangat kita sesalkan, memang ada beberapa donatur yang memundurkan diri karena sebelumnya ada yang menyumbangkan 10 bus maupun yang lainnya.”

“Namun bagaimanapun semangat kita tetap memperjuangkan syariat Islam yang harus di bela, sampai di Jakarta nanti kami akan melakukan zikir dan shalat Jumat bersama di Monas dan di Masjid Istiqlal,” ucapnya.

Di samping itu, pihaknya tidak melarang rombongan yang berangkat secara pribadi yang jelas nantinya kita akan koordinasi di Pusat.

“Masa kita sudah banyak yang mendaftar dan berangkat hingga nanti kamis juga akan ada yang berangkat, ada yang berangkat dengan pesawat dan menggunakan mobil pribadi,” ucapnya.

Di samping itu pihaknya mengucapkan terima kasih terhadap bantuan dari kepolisian yang membantu pengawalan rombongan.

“Kita berangkat akan di kawal kepolisian hingga sampai di Jakarta nanti,” sebutnya.

Harman, 35, warga stempat yang menyaksikan keberangkatan rombongan itu mengatakan ia merasa terharu dengan kondisi tersebut.

“Ini sangat menggetarkan semangat, saya mendukung kegiatan itu namun karena kondisi kerja saya tidak bisa ikut,” ucapnya.

Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Hamidi mengatakan pihaknya akan melakukan pengawalan hingga batas kota nanti dan akan di kawal kembali kepolisian di daerah tersebut hingga nanti sampai di Jakarta.

“Pengawalan kita secara estafet, kalu dari Padang ini hingga Arosuka, nanti akan di lanjutkan oleh kepolisian Arosuka dan begitu seterusnya, semoga saja tidak ada hambatan,” ucapnya.(cr17/r/ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Panas! Bupati Sebut DPRD Mimika Tidak Ada Lagi, Kosongkan Kantor


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler