Masyarakat AS Dipameri Batik Ibunda Obama

Minggu, 09 Agustus 2009 – 14:16 WIB

WASHINGTON DC – Untuk menjalin kemitraan yang lebih erat antara Indonesia dan AS melalui peningkatan kontak orang ke orang (people to people contact) dan memberi pemahaman tentang budaya Bangsa Indonesia kepada masyarakat Amerika, pemerintah Indonesia melalui KBRI Washington DC menggelar pameran batik koleksi Dr Ann Dunham, yang tak lain adalah ibu kandung Presiden AS Barrack Obama.

Pameran batik yang digelar KBRI Washington DC bekerja sama dengan keluarga adik Presiden Obama, Maya Soetoro-Ng itu mengambil tema 'A Lady found a Culture in its Cloths : Barrack Obama's Mother and Indonesia Batiks'.

Reporter JPNN Abdul Rasyid Zaenal dari Washington DC melaporkan, koleksi batik Ibunda Presiden Obama itu sebelumnya telah dipamerkan secara berturut-turut di lima kota besar di ASKali keenam, pamerannya digelar di Museum Textile Washington DC yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 23 Agustus 2009 mendatang.

Sekadar informasi bahwa lima kota besar yang telah dijadikan sebagai lokasi pameran sebelumnya adalah, Chicago (17-21 Mei di Drake Hotel Chicago), Los Angeles (1-4 Juni di KJRI Los Angeles), San Francisco (9-11 Juni di Wisma Indonesia), Houston (2-5 Juli di KJRI Houston), New York (21-24 Juli di Waldorf Astoria).

Indonesia dianggap surga bagi Dr Ann Dunham yang menekuni antropologi

BACA JUGA: Topan Morakot Hajar Taiwan

Percampuran budaya di Indonesia dianggap tidak terlalu banyak perbedaannya dengan Amerika Serikat
Jadi jangan heran kalau koleksi favoritnya adalah Batik Indonesia yang kini dipamerkan untuk pertama kalinya di hadapan masyarakat umum di Washington DC.

Pameran batik tersebut dibuka dalam acara Gala Dinner pada Sabtu malam (8/8) waktu setempat di Mandarin Oriental Hotel, Washington DC

BACA JUGA: Belum Ada Bukti Kematian Mehsud

Gala Dinner itu diselenggarakan oleh Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat H.E
Sudjadnan Parnohadiningrat dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Muhammad Lutfi, sekaligus dihadiri pula oleh tamu kehormatan Ibu Maya Soetoro-Ng, saudara Presiden Obama.

Pada kesempatan itu, dipilih beberapa lembar koleksi batik Dr Ann Dunham dan beberapa lembar koleksi batik pribadi Ibu Negara Ani Yudhoyono yang juga ikut dipamerkan

BACA JUGA: Australia Tunggu Konfirmasi RI

Karena memang, beberapa koleksi batik ini di ambil dari berbagai wilayah di Indonesia di bawah naungan Cita Tenun Indonesia (Sebuah Asosiasi Textile di Indonesia, Red).

Selanjutnya, pada saat pembukaan Gala Dinner tersebut, juga ditampilkan peragaan busana karya dua desaigner Indonesia, Priyo Octaviano dan Sebastian GunawanDisamping itu, untuk menghibur tamu undangan, juga disuguhkan penampilan tari tradisional dan permainan eksotik orkestra angklung.

''Gala Dinner ini merupakan partisipasi dari teman-teman Indonesia, termasuk US-Indonesia Society (Usindo), US Chamber of Commerce, US-ASEAN Business Council, Masyarakat Asia,'' kata Duta Besar Indonesia untuk AS, Sudjadnan Parnohadiningrat.(sid/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AS Pilih Wanita Hispanic Pimpin MA


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler