McLaren Manfaatkan Mobil 2010

Minggu, 09 Januari 2011 – 19:20 WIB

VALENCIA - Formula 1 musim 2011 sudah menetapkan 1 Februari sebagai jadwal resmi uji coba pertama pramusimItu artinya tim-tim peserta makin berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan mobil yang akan menjadi andalan di musim depan

BACA JUGA: Game Over, Hodgson!

Tapi, di sesi uji coba yang berlangsung di Valencia itu, tak semua tim akan turun dengan mobil terbarunya.
Salah satu tim yang mengambil langkah memakai mobil lama di uji coba pramusim pertama itu adalah tim yang masuk daftar unggulan, McLaren-Mercedes
Tim yang bermarkas di Woking, Inggris itu bakal mengandalkan mobil musim lalu, MP4-25, di uji coba perdana yang berlangsung tiga hari

BACA JUGA: Gonzales jadi Tukang Gedor

Sebab, McLaren baru merencanakan bakal launching mobil barunya, MP4-26 pada 4 Februari di Berlin, Jerman.

Berdasar laporan awal dari Autosport, launching tersebut tak hanya menunjukkan perubahan warna mobil McLaren
Banyak detail yang berubah untuk mobil baru itu

BACA JUGA: Mourinho Klaim Pelatih Terbaik

Belum ada keterangan lebih jauh dari kubu McLaren mengenai hal itu.

McLaren juga masih belum mengeluarkan pernyataan sehubungan dengan tes di ValenciaTapi, sumber di sekitar tim menyebutkan, McLaren akan memanfaatkan MP4-25 yang telah mengalami updateBisa dikatakan, mobil yang akan dipakai adalah versi hybrid MP4-25, tapi telah mengalami modifikasi pada pengembangan sisi aerodinamis dan mendekati mobil edisi 2011.

Dengan langkah tersebut, McLaren memiliki waktu yang lebih panjang untuk terus mengembangkan mobil barunyaAda beberapa hari tambahan untuk mengujinya di lorong angin (wind tunnel) yang merupakan fase terakhir pengembangan mobilMereka butuh jumlah kilometer yang banyak untuk mengumpulkan data sekaligus mencoba kecocokan ban Pirelli dengan mobil baru itu.

Kepala teknisi mobil McLaren 2010 Tim Goss, bulan lalu mengatakan pada Autosport bahwa timnya sedang berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan mobil baru"Terlihat sangat baikKami belum bisa mengatakan semuanya saat iniTapi, Doug McKiernan (Kepala Ahli Aerodinamis McLaren) dan timnya melakukan pekerjaan hebat dalam menyusun program aerodinamis mobil," ujar Goss.

McLaren bukan satu-satunya tim yang akan memakai mobil lama saat uji coba perdana  pramusimForce India-Mercedes, Virgin-Cosworth dan Hispania F1 Racing Team (HRT) juga menggunakan langkah serupa.

Force India harus menunggu hingga sesi tes pramusim kedua 10-13 Februari untuk bisa menggunakan mobil baru merekaDi sesi ujicoba pertama, tim yang berbasis di Silverstone akan tetap mengandalkan mobil lawasnya.

"Kami berpikir sangat hati-hati dengan rencana kami di awal musim depan dan juga dalam memperkenalkan mobil baru Force India, VJM04," ungkap salah satu petinggi Force India Otmar Szafnauer seperti dikutip Reuters.

"Tim akan ambil bagian pada seluruh (empat) sesi uji coba pramusim dan kami akan menggunakan VJM03 (mobil lama) pada tes pertama di Valencia, sebelum melakukan debut dengan menggunakan VJM04 di Jerez, sepekan kemudian," tambahnya.

Szafnauer berpendapat, tambahan waktu yang digunakan timnya untuk mempersiapkan mobil, akan memberikan keuntungan besar bagi mereka di awal musim"Menggunakan mobil lama lebih lambat dari tim lain akan memberikan kami waktu beberapa pekan untuk bersiapKami bisa lebih teliti dalam mengembangkan berbagai area yang dibutuhkan," lanjutnya.

Di sisi lain, tim juara dunia Red Bull-Renault yang tahun lalu melewatkan uji coba perdana, belum mengumumkan waktu launching mobil barunyaTapi mereka sedang berusaha keras menyelesaikan mobil baru itu sebelum uji coba Valencia, supaya bisa memahami dengan baik kecocokannya dengan ban-ban Pirelli.

Lain halnya dengan Ferrari yang sudah mamstikan peluncuran mobil barunya, F11Sesuai tradisi, mereka meluncurkannya bertepatan dengan acar Wroom, di pekan terakhir bulan iniTim Renault juga sudah memastikan launching mobil barunya, R30 pada 31 Januari atau sehari sebelum tes perdana(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tolak Pembelian Striker Baru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler