Melindungi Tubuh dari Berbagai Penyakit, 10 Jenis Buah ini Patut Dikonsumsi

Rabu, 24 Maret 2021 – 13:20 WIB
Buah-Buahan. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - Antioksidan merupakan senyawa yang bisa memperlambat, bahkan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

BACA JUGA: Benarkah Air Hangat Bisa Menghancurkan Lemak Tubuh?

Penumpukan radikal bebas di dalam tubuh bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Demi memperoleh khasiat antioksidan, kini sudah banyak tersedia suplemen yang mengandung antioksidan. Namun, tentu saja sumber alami jauh lebih baik.

BACA JUGA: Para Pria Silakan Merapat! 6 Olahraga ini Bisa Tingkatkan Kesuburan, Lho

Banyak sekali makanan yang kaya akan antioksidan, salah satu yang kerap menjadi rekomendasi adalah buah-buahan.

Berikut adalah beberapa buah tinggi antioksidan yang bisa Anda pilih:

BACA JUGA: Cara Alami Atasi Flek Hitam di Wajah

1. Blueberry

Blueberry terkenal sebagai salah satu buah dengan antioksidan tinggi. Buah ini mengandung berbagai jenis antioksidan, salah satunya antosianin. 

Antosianin bisa mencegah peningkatan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL), serta menurunkan tekanan darah.

2. Bit

Bit juga merupakan buah yang mengandung antioksidan tinggi, terutama grup antioksidan bernama betalain. Senyawa ini juga lah yang memberikan warna merah pada buah bit.

Kandungan betalain pada buah bit dapat mencegah kanker kolon serta meredakan peradangan, termasuk peradangan pada sendi.

3. Raspberry

Raspberry merupakan sumber serat, vitamin C, mineral, dan antioksidan yang baik. Sama seperti blueberry, raspberry juga mengandung antosianin dan berbagai antioksidan lainnya.

Efek antiinflamasi dan kandungan antioksidannya dapat mencegah kanker lambung, kanker kolon, dan kanker payudara dalam tabung percobaan di sebuah penelitian.

4. Stroberi

Sama dengan buah beri lain, stroberi juga termasuk salah satu buah dengan kandungan antosianin di dalamnya. Oleh karena itu, efeknya sama dengan blueberry dan raspberry.

Selain itu, buah tinggi antioksidan ini mengandung asam elagik. Kandungan tersebut adalah antioksidan yang selain mencegah kanker, juga biasa digunakan dalam produk-produk kecantikan.

5. Anggur

Anggur termasuk buah dengan kandungan antioksidan. Dua jenis antioksidan yang tersimpan di dalam anggur, yaitu antosianin dan proantosianin.

Keduanya bisa mencegah risiko penyakit jantung dan kanker.

Meskipun demikian, manfaat buah anggur sebagai antioksidan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Plum

Antioksidan juga terkandung dalam buah plum. Jika dikonsumsi secara rutin, buah plum dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan risiko kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas.

Selain antioksidan, buah plum juga mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin A,C, K, B1, serat, kalium, fosfor, dan lainnya.

7. Delima

Antioksidan yang banyak terdapat dalam buah delima, di antaranya flavonoid, antosianin, dan asam punisik yang bersifat antiinflamasi, antihipertensi, dan antiatherogenik. 

Jus delima juga merupakan buah dengan antioksidan tertinggi di antara jus buah lainnya, lho.

8. Cranberry

Buah lain yang mengandung antioksidan adalah cranberry. Kandungan antioksidan dalam cranberry masih lebih unggul ketimbang strawberry, raspberry, dan anggur.

Bahkan, kandungannya juga lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa sayuran hijau. 

9. Goji Berry

Goji berry merupakan salah satu makanan yang bisa dijuluki sebagai superfood. Selain memiliki kandungan antioksidan tinggi, buah ini juga kaya akan vitamin dan mineral. 

Antioksidan unik yang terkandung di dalamnya adalah polisakarida Lycium barbarum yang bisa mencegah penyakit jantung, kanker, dan mengatasi penuaan pada kulit.

Namun, penelitian mengenai efek ini pada manusia masih belum banyak.

10. Buah-buahan Kering

Siapa sangka, ternyata buah-buahan kering memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi.

Bahkan, buah-buahan kering mempunyai kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah segar. 

Namun, buah-buahan kering juga mengandung kalori yang cukup banyak. Jadi, bagi Anda yang sedang diet, lebih baik mengonsumsi buah-buahan segar, ya!

Pastikan Anda mengombinasikan buah-buahan di atas dengan sumber antioksidan lainnya, supaya asupan nutrisi juga optimal.(klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Posisi Begituan untuk Pemilik Tubuh Gemuk 


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler